PENGARUH BIAYA KUALITAS PRODUK TERHADAP PENJUALAN KOMODITI TEH PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII PERIODE 2016-2018
Keywords:
Biaya Kualitas, produk, penjualanAbstract
Perkembangan ekonomi yang semakin pesat serta persaingan yang semakin ketat mendorong para pelaku ekonomi untuk lebih tanggap terhadap perubahan perekonomian yang terjadi di dunia bisnis. PT Perkebunan Nusantara VIII berstatus sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimana sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah. BUMN didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai sektor. Beberapa sektor yang dinaungi oleh BUMN yaitu sektor perkebunan. Perusahaan yang bergerak disektor tersebut yaitu
PT. Perkebunan Nusantara VIII. Produk yang berkualitas dapat dicapai dengan selalu melakukan pengawasan dan peningkatan terhadap kualitas produk. Biaya yang dikeluarkan dalam kaitannya dengan usaha peningkatan kualitas disebut biaya kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya kualitas produk yang terdiri dari biaya penilain dan biaya pencegahan terhadap penjualan komoditi teh pada PT Perkebunan Nusantara VIII Periode 2016-2018. Metode yang digunakan dalam penulis adalah metode survey pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Korelasi Product Moment, Analisis Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi, dan Uji t untuk melakukan pengujian dilakukan dengan menggunakan SPSS version 23.Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah hasil analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa terdapat persamaan regresinya
Y= 8,783-0,055X. Diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,096 dan nilai determinasi sebesar 0,09% . Pengujian hipotesis dengan thitungĀ -0,564 > ttabel -1.69092 yang artinya Ho ditolak Ha diterima, dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Biaya Kualitas Produk Terhadap Penjualan Komoditi Teh Pada PT Perkebunan Nusantara VIII Periode 2016-2018.