PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO SERIES PADA DEALER YAMAHA DETA BERLIAN M . TOHA PERIODE TAHUN 2016-2018

Authors

  • Christine Riani Politeknik Pos Indonesia
  • Nova Pramesti Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Biaya Promosi, Penjualan

Abstract

Setiap perusahaan yang berdirikan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Perusahaan memiliki tujuan untuk memperoleh penjualan yang optimal. Penjualan adalah kegiatan menjual barang dan jasa yang diproduksi sendiri atau dari pihak lain untuk dijual kembali kepada konsumen secara kredit maupun tunai. Dalam suatu perusahaan, terdapat adanya biaya promosi yaitu biaya periklanan, biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan menyampaikan produk jadi atau jasa ketangan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji analaisisi korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis    (uji t) dengan menggunakan alat bantu SPSS 23.

Dengan menggunakan analisis korelasi sederhana yang dihasilkan adalah 0,863. Analisis regresi linear sederhana dimasukan kedalam rumus sebagai berikut Y = 1224753572,57 + 2,160X. Analisis koefisien determinasi yang dihasilkan 0,863 artinya pengaruh biaya promosi terhadap penjualan sebesar 74,48% merupakan faktor yang mempengaruhi biaya promosi. Uji t dapat diketahui sebagai berikut 9,959 < 2,032 dengan thitung < ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan signifikan 0,097 > 0,05.

Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap penjualan pada Dealer Yamaha Deta Berlian M. Toha.

Downloads

Published

2020-11-01