PENGARUH PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PT.AGRONESIA (INKABA)

Authors

  • riani Tanjung Politeknik Pos Indonesia
  • Dinda Permata Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

good corporate governance, kualitas laporan keuangan

Abstract

Penerapan prinsip good corporate governance secara konsisten terbukti dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan dan pergerakan kualitas laporan keuangan tergantung dari seberapa besar usaha perusahaan tersebut dalam melakukan perbaikan terhadap good corporate governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan pada PT. Agronesia (inkaba). 

Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu analisis korelasi sederhana, uji regresi linier, uji reliabilitas, uji validitas, uji koefisien determinan, dan uji t. Dari hasil uji menggunakan alat statistik yang diolah menggunakan SPSS versi 23, pupulasi dalam penelitian ini seluruh karyawan PT. Agronesia (Inkaba) , sampel dalam penelitian ini 36 karyawan PT. Agronesia (Inkaba) maka dapat dilihat secara parsial untuk pengaruh prinsip good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan terdapat hubungan yang sangat kuat pada PT. Agronesia (inkaba).

Berdasarkan hasil uji koefisien determinan bahwa good corporate governance berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Besarnya yaitu 62,9% dan sisanya sebesar 37,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,697 dan ttabel sebesar 7,136 jatuh pada penerimaan Ha dan penolakan Ho.

Downloads

Published

2020-11-01