ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI ATAU MEMPRODUKSI SENDIRI BAHAN BAKU PADA PT. JAPFA COMFEED INDONESIA TBK. TAHUN 2018-2019

Authors

  • Tia Setiani Politeknik Pos Indonesia
  • sekar indah Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Biaya diferensial, bahan baku, pengambilan keputusan

Abstract

Biaya diferensial merupakan salah satu strategi perusahaan dalam meningkatkan laba. Saat ini pihak perusahaan mendapat tantangan yang berat untuk mempertahankan dan mengembangkan perusahaan, apalagi untuk mencapai tujuan perusahaan yang umumnya ingin mendapat laba semaksimal mungkin. Pihak perusahaan harus jeli dalam mengambil keputusan. Pengambilan keputusan bukanlah hal yang mudah, karena menyangkut laba perusahaan di masa mendatang. Salah satu informasi penting untuk perencanaan dan pengambilan keputusan adalah mengenai analisis biaya diferensial.

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini mengenai analisis biaya diferensial pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keputusan mana yang terbaik untuk perusahaan, memproduksi sendiri bahan bakunyaatau membeli dari luar. Penelitian ini dilakukan dengan menghitung biaya diferensialnya. Setelah menghitung biaya bahan baku biaya tenaga kerja langsung, dan bopnya, lalu dilakukan perbandingan maka didapatkan hasil bahwa membeli bahan baku dari luar lebih menguntungkan ketimbang membproduksi sendiri bahan bakunya.

Downloads

Published

2021-05-01