PENGARUH PAJAK RESTORAN DAN PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PADANGSIDEMPUAN PERIODE 2018-2020

Authors

  • Diana Maryana

Keywords:

Pendapatan asli daerah, Pajak restoran, Pajak Hotel

Abstract

Pendapatan Asli Daerah merupakan sumber pendapatan daerah yang berasal dari aktivitas pengelolaan potensi asli daerah. Pajak restoran dan pajak hotel merupakan jenis pajak daerah yang potensinya semakin berkembang seiring dengan semakin diperhatikannya adanya komponen pendukung yaitu sektor pembangunan maupun pariwisata dalam kebijakan pembangunan daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak restoran dan pajak hotel baik secara parsial maupun simultan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Tahun 2018-2020.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder, pengumpulan data berupa dokomentasi dan teknik analisis yang dipakai adalah uji normalitas, korelasi berganda, regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pajak restoran dan pajak hotel secara parsialĀ  tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah Kota Padangsidempuan, dan yang terakhir bahwa pajak restoran dan pajak hotel secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah kota Padangsidempuan.

Published

2022-01-17