ANALISIS BIAYA TRANSPORTASI DALAM DISTRIBUSI PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PT. POS LOGISTIK INDONESIA BO BANDUNG)

Authors

  • Christine Riani Elisabeth
  • Nurhayati Nurhayati

Keywords:

Analisis Biaya Transportasi, Distribusi Pengiriman Barang

Abstract

  1. Pos Logistik Indonesia yang merupakan perusahaan logistik dengan produk utamanya adalah pengiriman barang memerlukan pengelolaan proses distribusi yang baik, hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan, salah satu unsur biaya yang paling utama dalam proses pengiriman barang adalah biaya transportasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti biaya yang membentuk biaya transportasi di PT. Pos Logistik Indonesia BO Bandung, biaya distribusi pengiriman barang di PT. Pos Logistik Indonesia BO Bandung, dan mengefektifkan biaya transportasi dalam distribusi pengiriman barang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan teknik analisis deskriptif yang digunakan untuk menilai suatu data. Dengan melakukan perhitungan angka-angka untuk menghitung biaya transportasi serta biaya-biaya lain yang termasuk kedalam biaya transportasi.

Hasil penelitian menunjukan biaya yang membentuk biaya transportasi di PT. Pos Logistik Indonesia ada biaya investasi biaya tetap dan biaya variabel, Biaya distribusi pengiriman barang memiliki biaya distribusi yang berbeda-beda dengan Biaya distribusi terbesar ada pada rute Majalengka-Cirebon-Karawang-Pdc Tambun (PP) dengan jarak tempuh 530 km dengan biaya sebesar Rp.1.773.910,- dan Prosentase biaya transportasi prosentase terbesar biaya transportasi adalah biaya variabel. Sedangkan untuk unit biaya yang paling banyak dikeluarkan adalah biaya SDM. Mengefektifkan biaya transportasi dapat dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan biaya bahan bakar.

Published

2020-01-30