PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP LABA BANK BJB SYARIAH 2012-2016

Authors

  • Marismiati Marismiati
  • Dwi Putra Mahardika

Keywords:

Pembiayaan Murabahah, Laba

Abstract

Pertumbuhan setiap bank sangat dipengaruhi oleh perkembangan kemampuannya menghimpun dana masyarakat baik berskala kecil maupun besar dengan masa pengendapan yang memadai. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pembiayaan murabahah terhadap laba bank bjb syariah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji t.

            Dari penelitian diperoleh pupolasi penelitian adalah pembiayaan murabahah pada bank bjb syariah dari tahun 2012-2016. Sampel yang digunakan yaitu pembiayaan murabahah bank bjb syariah tahun 2012-2016. Hasil korelasi yang menunjukkan hubungan yang sedang antara pembiayaan murabahah terhadap laba bank bjb syariah. Presentase sumbangan variabel pembiayaan murabahah terhadap variabel sebesar 26,1%.

            Hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiayaan murabahah terhadap laba bank  bjb syariah, terbukti dengan thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan atas pembiayaan murabahah dapat meningkatkan laba bank bjb syariah.

Published

2020-01-30