EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT FERIZZAQUE MANDIRI UTAMA

Authors

  • Riani Tanjung Politeknik Pos Indonesia
  • Mulki Firdani Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Evaluasi Pengendalian Internal, Sistem Akuntansi Penjualan

Abstract

Pengendalian internal atau internal control dalam suatu entitas bisnis dapat memengaruhi operasional bisnis suatu perusahaan. Pengendalian internal atau internal control yang diterapkan dengan baik dapat menjaga operasional bisnis menjadi lebih akuntabel dan transparan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini mengenai pengendalian internal atas sistem akuntansi penjualan. Tujuan dari penelitian  Untuk mengetahui analisis sistem dan evaluasi pengendalian internal yang ada dalam sistem akuntansi penjualan pada PT Ferizzaque Mandiri Utama.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sumber data sekunder yang dihasilkan melalui dokumentasi baik yang merupakan hasil observasi dan wawancara maupun data yang merupakan pengendalian internal pada perusahaan. Adapun teknik analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisis penerapan pengendalian internal atas sistem akuntansi penjualan pada PT Ferizzaque Mandiri Utama.

Setelah dilakukan penelitian, hasil yang diperoleh berdasarkan hasil evaluasi pengendalian internal atas sistem akuntansi penjualan pada PT. Ferizzaque Mandiri Utama, maka dapat disimpulkan bahwa jaringan prosedur yang membentuk sistem antara lain fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, jaringan prosedur yang membentuk sistem, dan sistem pengendalian internal telah sesuai dengan teori yang ada, sistem pengendalian internal seperti struktur organisasi dan pemisahan fungsi, sistem otorisasi wewenang, dan praktik yang sehat telah sesuai dengan ketentuan sistem pengendalian internal.

Downloads

Published

2020-05-01