PENGARUH PENERAPAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM TERHADAP KINERJA FINANSIAL (STUDI KASUS: PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN GEOLOGI KELAUTAN)

Authors

  • Diana Maryana Politeknik Pos Indonesia
  • Dzikra Nabilah Halim Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Kinerja Finansial

Abstract

Adanya keinginan pemerintah melakukan reformasi  keuangan dan didukung dengan kondisi Pusat penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan yang dituntut untuk memaksimalkan kinerja dan menambah pendapatan sehingga kegiatan operasional dapat berjalan sesuai harapan. Untuk memaksimalkan kinerja tersebut maka Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum yang dapat memberikan kebebasan untuk menjual jasa/barang sesuai keahliannya berdasarkan praktek bisnis yang sehat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan perumusan masalah asosiatif bentuk hubungan kausal. Teknik analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, Analisis korelasi spearman rank, analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis. Sampel yang digunakan sebanyak 34 karyawan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dihasilkan bahwa penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum telah diterapkan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga kinerja finansial Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan tergolong baik. Hasil pengujian diketahui bahwa terdapat pengaruh siginifikan penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum terhadap kinerja finansial sebesar 69,7% sedangkan sisanya 30,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2020-05-01