PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN KOMODITI TEH PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII PERIODE 2015-2017

Authors

  • Yohanes Casmadi Politeknik Pos Indonesia
  • Dhea Novia Parhana Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Volume Penjualan

Abstract

Secara umum, besar kecilnya volume penjualan di tunjang oleh volume produksi yang dihasilkan oleh perusahaan. Volume produksi yang di hasilkan secara tidak langsung akan memperbesar biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Begitu pula dengan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan secara umum akan menjadi komponen pendukung dari meningkat dan menurunnya volume penjualan dari suatu produk. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap volume penjualan.

Berdasarkan Hasil Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang  signifikan secara parsial antara Biaya Produksi terhadap Volume Penjualan yang dilihat dari hasil uji t (-1,387>-2,034) dan antara Biaya Pemasaran terhadap Volume Penjualan tidak ada pengaruh yang signifikat secara parsial yang dilihat dari hasil uji t (0,227<2,034). Dan hasil uji F-test dapat dilihat bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikat secara simultan dimana Fhitung sebesar 0,988 dan Ftabel  sebesar 3,28. Sehingga variabel Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel Volume Penjualan.

Dapat disimpulkan bahwa Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Volume Penjualan Komoditi Teh PT Perkebunan Nusantara VIII

 

Downloads

Published

2020-05-01