PENGARUH PAJAK REKLAME DAN PAJAK PARKIR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA PEMERINTAHAN KOTA CIMAHI

Authors

  • Rukmi Juwita

Keywords:

Pajak Reklame, Pajak Parkir, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah,  retribusi  daerah,  hasil  pengelolaan  kekayaan  daerah  yang  dipisahkan  dan lain-lain Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sah. Pajak Reklame dan Pajak Parkir termasuk  kedalam  Pajak  Daerah.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui bagaimana pengaruh Pajak Reklame terhadap PAD, pengaruh Pajak Parkir terhadap PAD  dan  pengaruh  Pajak  Reklame  dan  Pajak  Parkir  terhadap  PAD  pada Pemerintahan Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu : Pajak Reklame  (X1),  Pajak  Parkir  (X2)  dan  PAD  (Y).  Metode  yang  digunakan  adalah metode  kuantitatif  dengan  teknik  pengumpulan  data  yaitu  kepustakaan  dan dokumentasi.  Hasil  uji  hipotesis  menunjukkan  bahwa  pengaruh  Pajak  Reklame terhadap  PAD  yaitu  ?  3,182)  dengan  nilai  sig  0,011  <  0,05. Artinya  Pajak  Reklame  berpengaruh  signifikan  terhadap  PAD.  Sedangkan pengaruh  Pajak  Parkir  terhadap  PAD  yaitu  ?  3,182  dengan nilai sig 0,001 < 0,05. Artinya Pajak Parkir berpengaruh signifikan terhadap PAD. Pengaruh Pajak Reklame dan Pajak Parkir terhadap PAD adalah ? 9,55, dengan nilai sig  0,001 < 0,05. Artinya Pajak Reklame dan Pajak Parkir berpengaruh  signifikan  terhadap  PAD.  Kesimpulannya  yaitu  secara  parsial  Pajak Reklame tidak berpengaruh signifikan terhadap PAD dan Pajak Parkir berpengaruh signifikan  terhadap  PAD.  Sedangkan  secara  simultan  Pajak  Reklame  dan  Pajak Parkir berpengaruh signifikan terhadap PAD Pemerintahan Kota Cimahi.  

Published

2020-05-01