PENGARUH PAJAK REKLAME DAN PAJAK PARKIR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA PEMERINTAHAN KOTA CIMAHI
Keywords:
Pajak Reklame, Pajak Parkir, Pendapatan Asli Daerah (PAD)Abstract
Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sah. Pajak Reklame dan Pajak Parkir termasuk kedalam Pajak Daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pajak Reklame terhadap PAD, pengaruh Pajak Parkir terhadap PAD dan pengaruh Pajak Reklame dan Pajak Parkir terhadap PAD pada Pemerintahan Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu : Pajak Reklame (X1), Pajak Parkir (X2) dan PAD (Y). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh Pajak Reklame terhadap PAD yaitu ? 3,182) dengan nilai sig 0,011 < 0,05. Artinya Pajak Reklame berpengaruh signifikan terhadap PAD. Sedangkan pengaruh Pajak Parkir terhadap PAD yaitu ? 3,182 dengan nilai sig 0,001 < 0,05. Artinya Pajak Parkir berpengaruh signifikan terhadap PAD. Pengaruh Pajak Reklame dan Pajak Parkir terhadap PAD adalah ? 9,55, dengan nilai sig 0,001 < 0,05. Artinya Pajak Reklame dan Pajak Parkir berpengaruh signifikan terhadap PAD. Kesimpulannya yaitu secara parsial Pajak Reklame tidak berpengaruh signifikan terhadap PAD dan Pajak Parkir berpengaruh signifikan terhadap PAD. Sedangkan secara simultan Pajak Reklame dan Pajak Parkir berpengaruh signifikan terhadap PAD Pemerintahan Kota Cimahi.