PENGARUH AUDIT OPERASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PADA PT POS INDONESIA (PERSERO)

Authors

  • Jaka Maulana

Keywords:

Audit Operasional, Kualitas Pelayanan Jasa

Abstract

Audit Operasional merupakan penelaahan yang sitematis atas kegiatan atau keadaan pada suatu organisasi dengan tujuan untuk memeriksa efisiensi dan efektivitas suatu kegiatan hingga memberikan rekomendasi untuk dilakukannya tindakan korektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional, usaha kualitas pelayanan jasa, mengetahui apakah ada pengaruh audit operasional terhadap kualitas pelayanan jasa yang akan berkaitan langsung dengan kepuasan pelanggan dan nantinya akan mempengaruhi kelancaran kegiatan operasi perusahaan. Penulis mencoba melakukan penelitian pada PT Pos Indonesia (Persero) Bandung.

Pengujian hipotesis menggunakan metode survey dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dengan cara membagikan kuisioneer kepada pihak – pihak yang berkaitan yaitu Satuan Pengawas Internal dan Bagian Hubungan Pelanggan. Analisi data menggunakan regersi sederhana sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan.

Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa audit operasional dan kualitas pelayanan jasa sudah berjalan baik berarti secara parsial peran aduit operasional berpengaruh terhadap kualitas pelayanan jasa dapat diterima.

Published

2020-08-03