Strategi Pemasaran UMKM Untuk Bertahan dan Berkembang Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri)

Authors

  • Carista Nora Melinda IAIN KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v16i2.1464

Keywords:

UMKM, PEMASARAN

Abstract

Pademi Covid-19 yang saat ini terjadi di berbagai negara termasuk di Indonesia membuat sektor perekonomian menurun drastis, khususnya pada kegiatan UMKM. Saat ini pemerintah menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia) di Jawa dan Bali.  Jawa Timur termasuk salah satu yang menerapkan kebijakan PPKM secara ketat. Diberlakukannya PPKM membuat kegiatan perekonomian masyarakat menjadi terhambat, dikarenakan pembatasan dan penyekatan hamper seluruh akses utama jalan yang disepanjang jalan tersebut banyak pedagang yang berjualan, tetapi sekarang terpaksa tutup karena adanya PPKM. UMKM atau yang biasa kita sebut dengan Usaha Mikro Kecil Menengah yang jelas terkena dampaknya yang sangat signifikan, pendapatan yang diperoleh pasti mengalami penurunan. Tidak sedikit juga UMKM yang harus tidak berjualan terlebih dahulu karena efek dari dampak covid-19 ini. Strategi pemasaran harus diterapkan oleh semua UMKM agar dagangannya mendapatkan omzet yang stabil walaupun adanya dampak dari covid-19. Tidak sedikit juga UMKM yang masih berhasil mempertahankan usahanya dan masih memiliki omzet yang stabil saat adanya pandemi covid-19 ini. Walaupun saat ini masih adanya pandemik covid-19 tetapi UMKM harus terus bertahan dan berkembang pada saat seperti ini, harus adanya inovasi-inovasi atau dobrakan baru agar UMKM yang dijalankan terus berkembang dan selalu bertahan walaupun saat ini lagi pandemi covid-19.

References

Azizah, Fadilah Nur. Desember 2020. Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Jurnal of Economics, Vol. 5, No. 1.

Arianto, Bambang. Desember 2020. Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6, No. 2.

Priagani, Ade. Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Konteks Persaingan. Jurnal Kebangsaan, Vol. 2, No. 4.

Yanuar, Masnia Mahardi. Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 3, No. 1.

Wibowo, Dimas Hendika. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Bati Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 29, No. 1.

Definisi Bertahan, diakses di Kediri pada Tanggal 25 Juli 2021, Pukul 10:12 dari http://www.id.m.wiktionanary.org/wiki/bertahan

Definisi Berkembang, diakses di Kediri pada Tanggal 25 Juli 2021, Pukul 10:33 dari https://www.google.com/amp/s/kbbi.web.id/berkembang.html

Watie, Errika Dwi Setya. Komunikasi dan Media Sosial, Jurnal The Messenger, Vol. 3, No. 1, Juli 2011.

Marketplace, diakses di Kediri pada Tanggal 25 Juli 2021, Pukul 13:53 dari https://www.google.com/amp/s/www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/

Rosmadi, Maskarto Lucky Nara. Maret 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, Vol. 4, No. 1.

UMKM, diakses di Kediri pada Tanggal 25 Juli 2021, Pukul 14:27 dari https://money.kompas.com/read/2021/03/36/153202726/apa-itu-umkm-pengertian-kriteria-dan-contohnya?page=all#page2

Downloads

Published

2021-12-15