Aplikasi Pengaduan Masyarakat Terhadap Infrastruktur Bebasis Android Pada Desa Sindangsari

Authors

  • Teguh Sumarno Mahasiswa
  • Ade Mubarok

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v16i2.1487

Keywords:

Aplikasi Pengaduan, Waterfall, Pengaduan Masyarakat

Abstract

Pengaduan saat ini umumnya masih menggunakan tatap muka sehingga masyarakat harus datang ke instansi tersebut untuk melakukan pengaduan. sedangkan masyarakat banyak yang tidak tau tentang birokrasi pemerintahan desa hal ini menjadi masalah terjadinya kesalahan pengaduan masyarakat yang tidak sesuai jalur birokrasinya, sehingga pengaduan masyarakat kurang ditanggapi oleh pihak desa. Karena itu penulis tertarik untuk memberikan sebuah solusi dari persoalan tersebut maka dibuatlah aplikasi pengaduan masyarakat. Semoga dengan dibuatnya aplikasi pengaduan masyarakat dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pengaduan tanpa harus datang ke desa dan pengaduan dapat disampaikan sesuai jalur birokrasi desa. Pada sistem ini, aplikasi android hanya dapat diakses oleh user yaitu masyarakat , sedangkan untuk admin nya sendiri menggunakan web untuk mempermudah dalam pengolahan data pengaduan dari masyarakat dan pembuatan berita. adapun peneliti menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam melakukan perancangan aplikasi dengan model proses Waterfall. Dalam penelitian ini selain memaparkan kajian teori sebagai dasar penyusunan, peneliti juga akan membahas mengenai perancangan sistem dan pembuatan aplikasi mobile android sehingga diharapkan dapat membantu kinerja desa dalam menangani pengaduan dari masyarakat dengan lebih mudah dan cepat.

References

Eriyani, F. et. al. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perhubungan Kota Malang Menggunakan Fitur Location Based Service Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 4083–4091.

Mursalim, S. W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.128

Nafsitasari, A. (2019). SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI ANDROID DI KECAMATAN EROMOKO WONOGIRI.

Syafei, I., Kamayani, M., & Sinduningrum, E. (2020). Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Terhadap Lingkungan Di Tingkat Kelurahan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 4(2502), I111–I116. https://doi.org/10.22236/teknoka.v4i0.4271

Downloads

Published

2021-12-15