ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM DI POLITEKNIK POS INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL (TAM) (Studi Kasus : Politeknik Pos Indonesia)
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM DI POLITEKNIK POS INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL (TAM) (Studi Kasus : Politeknik Pos Indonesia)
Keywords:
Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Pelayanan, Intention To Use, Kepuasan Pengguna, ManfaatAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji kualitas pelayanan sistem informasi akademik terhadap kepuasan pengguna
sistem di politeknik pos indonesia menggunakan metode Technology acceptence model (TAM) yang diantaranya
menguji Apakah Kualitas Informasi berpengaruh terhadap Intention To Use, Apakah Kualitas Sistem berpengaruh
terhadap Intention To Use,Apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Intention To Use, Apakah Intention To
Use berpengaruh terhadap Kepuasan Pemakai (User Satisfaction) ,Apakah Kualitas Informasi berpengaruh terhadap
Net Benefits,Apakah Kualitas Sistem berpengaruh terhadap Net Benefits,Apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh
terhadap Net Benefits,Apakah Intention To Use berpengaruh terhadap Manfaat Bersih (Net Benefits),Apakah
Kepuasan Pemakai (User Satisfaction) berpengaruh terhadap Manfaat Bersih (Net Benefits)
Sampel penelitian ini adalah para mahasiswa angkatan 2015/2016 Politeknik Pos Indonesia , sejumlah 200 responden,
tetapi untuk jumlah responden yang dapat digunakan sebanyak 186 responden. Structural Equation Modeling (SEM)
yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan
bahwa pengaruh antara kualitas system informasi dengan intention to use secara signifikan tidak berpengaruh dengan
nilai 0,270, Kualitas system secara signifikan berpengaruh terhadap Intention to use, Kualitas Pelayanan berpengaruh
terhadap Intention to Use, Intention to use berpengaruh terhadap kepuasan pengguna system, Kualitas informasi secara
signifikan tidak berpengaruh terhadap net benefits dengan nilain 0,263, Kualitas Sistem secara signifikan berpengaruh
terhadap net benefits, Kualitas pelayanan secara perhitungan amos berpengaruh terhadap net benefit, intensitas
pemakaian secara signifikan sangat berpengaruh terhadap net benefits dan kepuasan pengguna system juga
berpengaruh secara signifikan dengan net benefits.