Pengaruh Switching Barrier Terhadap Loyalitas Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia
Pengaruh Switching Barrier Terhadap Loyalitas Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia
Keywords:
pemasaran, perilaku konsumen, switching barrier dan loyalitasAbstract
Komponen kunci hambatan peralihan adalah biaya peralihan, daya tarik alternatif dan hubungan antar personal,
hambatan beralih merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan pelanggan. Berdasarkan
keinginan mengetahui sejauh mana pengaruh switching barrier terhadap loyalitas loyalitas mahasiswa Politeknik Pos
Indonesia, maka penulis melakukan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
verifikatif terhadap mahasiswa tingkat I jenjang pendidikan diploma III dan IV seluruh program studi di Politeknik
Pos Indonsia dengan jumlah populasi kurang lebih 1000 mahasiswa, namun dalam penelitian ini, peneliti mengambil
sampel responden sejumlah 100 orang responden. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala lima kategori
Likert, untuk mengukur besarnya pengaruh switching barrier terhadap loyalitas mahasiswa Politeknik Pos Indonesia,
digunakan model analisis data regresi sederhana dengan menggunakan software SPSS V 16. Berdasarkan hasil yang
diperoleh dilapangan secara garis besar Switching barrier di Politeknik Pos Indonesia dinilai sedang dan loyalitas
mahasiswa Politeknik Pos Indonesia secara umum dinilai tinggi Hasil penelitian mengungkapkan bahwa switching
barrier berpengaruh secara signifikan berterhadap loyalitas mahasiswa Politeknik Pos Indonesia dengan koefisien
determinasi sebesar 68,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi switching barrier di Politeknik Pos
Indonesia, maka semakin tinggi loyalitas mahasiswa Politeknik Pos Indonesia