Pengembangan Ceklis Observasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar
Pengembangan Ceklis Observasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar
Keywords:
Ceklis, Ceklis observasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ceklis observasi penilaian untuk pelajaran Bahasa Inggris
untuk tingkat sekolah dasar. Ceklis observasi penilaian yang dikembangkan adalah ceklis observasi untuk observasi
terencana/ planned observation untuk kelas 4, 5 dan 6. Ceklis observasi yang dikembangkan ini mengacu pada tiga
ceklis observasi yang telah dikembangkan sebelumnya. Namun, beberapa modifikasi minor juga telah dilakukan. Isian
ceklis observasi mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris untuk
sekolah dasar yang tercantum dalam Kurikulum 2006. Hasil penelitian ini adalah: ceklis observasi untuk kelas 4
(semester 1 dan semester 2), ceklis observasi untuk kelas 5 (semester 1 dan semester 2), ceklis observasi untuk kelas
6 (semester 1 dan 2). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah ceklis observasi yang ideal tidak bisa hanya
mengadopsi satu contoh ceklis observasi, pernyataan kompetensi dasar yang ingin diraih tidak bisa dengan mudah
dituangkan dalam bentuk ceklis observasi serta jumlah isian ceklis observasi menjadi banyak karena kompetensi dasar
tidak dijelaskan secara mendetil.