SISTEM PAYLATER DALAM E-COMMERCE: PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING

Authors

  • Fauzan Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fauzan Muhammad Suryoputro
  • Rulaa Zhalfa Shafira
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v18i1.2856

Keywords:

Belanja, E-commerce, Impulse buying, Pembayaran, Paylater

Abstract

E-commerce yang berkembang pesat ikut mempengaruhi sistem pembayaran yang awalnya hanya bisa menggunakan tunai, kartu, dan transfer dari atm menjadi bertambah banyak. Sistem pembayaran yang bermunculan salah satunya adalah pembayaran berbasis elektronik yang memudahkan pengguna untuk berbelanja online, contohnya sistem paylater yang merupakan jenis pembayaran kredit di e-commerce. Penggunaan paylater awalnya diharapkan untuk memudahkan pengguna membeli sesuatu yang penting tetapi belum siap secara finansial agar dapat dibayar sesuai batas waktu yang ditentukan. Tetapi, sebagian orang justru menggunakan fasilitas ini untuk berbelanja dengan jumlah yang tidak sedikit tetapi tanpa memikirkan dana di saat pembeliannya. Sehingga, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengukur seberapa besar dampak paylater terhadap perilaku impulse buying yang dialami pengguna e-commerce di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode literature review dan analisis deskriptif kualitatif sehingga data yang digunakan adalah respon penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

References

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968-1977.

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614-A619.

Fithriyani, S. A., Ratnaningtyas, A., & Prihandini, G. R. (2022). Perilaku Impulsive Buying Pada Mahasiswi Pengguna E-Commerce Shopee Ditinjau Dari Kontrol Diri. JCA Psikologi 3(1).

Hilmi, L. D., & Pratika, Y. (2021). Paylater feature: impulsive buying driver for e-commerce in indonesia. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 63-76.

Ika, N., Fitriyah, Z., & Dewi, N. C. (2020). Impulse Buying di E-commerce Shopee. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, 3(1).

KEMALA, T. N. (2022). Pengaruh Shopee Paylater Terhadap Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee.

Kharis, I. F., & Indriani, F. (2011). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online (Studi Kasus di Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). A framework for marketing management. England.

Mubtadi'in, M. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Terhadap Perilaku Impulse Buying Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo Angkatan 2018 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rook, D. W., & Hock, A. (1987). Impulse buying. Journal of consumer research, 14(2), 189-199.

Sanoesi, R. N. W. O., & Setiawan, H. (2022, October). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater TERHADAP perilaku impulse buying pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44-57.

Tarigan, Y. Y. B. (2023). Pengaruh Materialisme Dan Compulsive Buying Terhadap Pengguna Paylater Di E-Commerce (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Venia, M., Marzuki, F., & Yuliniar, Y. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Impulse buying (StudI Kasus Pada Generasi Z Pengguna E-Commerce). Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 929-941.

Widawati, L. (2011). Analisis perilaku “impulse buying” dan “locus of control” pada konsumen di carrefour Bandung. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 27(2), 125-132.

Downloads

Published

2023-10-23