INTEGRAGSI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 UNTUK MENGUKUR MINAT PENGGUNA APLIKASI POSPAY DI BANDA ACEH

Authors

  • Ichsan Hizman Hardy Teknik Informatika, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • M. Yusril Helmi Setyawan D4 Teknik Informatika, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Woro Isti Rahayu D4 Teknik Informatika, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v18i1.3057

Keywords:

Pospay, Technology Acceptance Model, TAM, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, UTAUT2

Abstract

Penelitian ini menganalisa minat pengguna aplikasi Pospay di Banda Aceh. Pospay merupakan paltform digital berbasis rekening Giro Pos yang diberikan kepada pelanggan sehingga dapat mengakses layanan transaksi keuangan maupun layanan lainnya dari Pos Indonesia. Penerapan Pospay di Banda Aceh saat ini masih minim dan kendala ditingkat penerimaan pengguna. Masih banyak hal yang bersifat operasional dan awamnya masyarakat terhadap penggunaan aplikasi, membuat kurangnya minat pengguna menggunakan Pospay. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat pengguna aplikasi Pospay dengan menganalisis gabungan dari dua metode. Metode TAM dan UTAUT 2 digunakan untuk mengukur minat pengguna dan mengukur kesuksesan penerapan aplikasi berdasarkan keinginan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Metode TAM dikembangkan untuk menjelaskan perilaku pengguna aplikasi. Menempatkan faktor sikap dan tiap-tiap perilaku pemakai dengan konstruk. UTAUT 2 merupakan metode yang bertujuan membantu perusahaan untuk memahami bagaimana pemanfaatan aplikasi dalam mendukung kinerja perusahaan. Gabungan hasil akhir dari kedua metode dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesuksesan penerapan aplikasi dan minat pengguna dapat dijelaskan oleh kedua metode dengan melihat hasil analisis yang dihasilkan. Hasil akhir metode yang di gunakan untuk mengukur minat pengguna menggunakan aplikasi Pospay menjelaskan variable BIU dan H sebesar 36,4%. Dan 63,6% lainnya dijelaskan oleh variable lain.

References

Afiana, F. N. (2019). Analisis Perbandingan Metode TAM dan Metode UTAUT 2 dalam Mengukur Kesuksesan Penerapan SIMRS pada Rumah Sakit Wijaya Kusuma DKT Purwokerto. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 17-26.

Alamri, F. a. (2020). Technology Acceptance Model (Tam) Sebagai Solusi Atas Minat Penggunaan Layanan E--Registration Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Profesi, 89-99.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset, 111. Kim, S. a.-H. (2015). Analysis of the factors influencing healthcare professionals’ adoption of mobile electronic medical record (EMR) using the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) in a tertiary hospital. BMC medical informatics and decision making, 16, 1-12.

Prasetyo, D. Y. (2017). Penerapan metode UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dalam memahami penerimaan dan penggunaan website KKN LPPM UNISI. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 26-34.

Puspitasari, N. a. (2013). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode UTAUT dan TTF. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 225-232.

Santoso, E. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank Central Asia Kudus. E-jurnal. Universitas Diponegoro.

Shachak, A. a. (2019). Beyond TAM and UTAUT: Future directions for HIT implementation research. Journal of biomedical informatics, 100, 103315.

Sukestiyarno, Y. a. (2017). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6, 168-177.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7.

Downloads

Published

2023-10-23