PENGARUH BAURAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI POLITEKNIK POS INDONESIA BANDUNG

PENGARUH BAURAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI POLITEKNIK POS INDONESIA BANDUNG

Authors

  • Prety Diawati Politeknik Pos Indonesia
  • Angga Dewi Anggraeni Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Bauran Jasa Pendidikan, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Pertumbuhan Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya di Bandung, mengakibatkan adanya tingkat persaingan yang
tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, khususnya dalam memperoleh calon mahasiswa. Permasalahan
yang terjadi adalah semakin berkurangnya mahasiswa yang aktif, memungkinkan adanya bauran jasa pendidikan yang
bermasalah dalam menyampaikan pada mahasiswa . Hal ini juga terjadi di Politeknik Pos Indonesia.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengukur pengaruh Bauran Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan
Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan Verifikatif, dengan responden yang
menggunakan rumus Slovin sebanyak 266 mahasiswa, dan analisis data menggunakan analisis regresi untuk menguji
hipotesisnya. Hasil pengujian analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan dari : (1) secara simultan bauran jasa pendidikan terhadap kepuasan Mahasiswa, pengaruh yg terjadi adalah
pengaruh yang sangat kuat.

Downloads

Published

2016-12-21