Penerapan Case-Based Reasoning pada Sistem Helpdesk (Studi Kasus : PT. Pancaran Darat Transport)
Penerapan Case-Based Reasoning pada Sistem Helpdesk (Studi Kasus : PT. Pancaran Darat Transport)
Keywords:
case-based reasoning, helpdesk, information technologyAbstract
PT. Pancaran Darat Transport adalah perusahaan yang bergerak dibidang ekspedisi. Peusahaan ini menggunakan alat
bantu atas permasalahan yang terjadi mengenai Information Technology (IT). Perusahaan masih melakukan pelaporan
secara manual kepada bagian IT. Pelaporan tersebut terdiri dari pertanyaan yang biasanya disampaikan melalui
telepon, email, web, fax atau sistem helpdesk. Kurangnya sumber daya IT dengan banyaknya pelaporan mengenai
permasalahan IT yang dilakukan secara manual menyebabkan keterlambatan dalam proses penyelesaian masalah IT
dan terdapat masalah yang dicatat secara berulang. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang bisa memberikan berbagai
macam solusi permasalahan secara cepat, akurat dan dapat berjalan secara automatis tanpa harus ketergantungan
dengan sumber daya IT. Case-based Reasoning (CBR) memiliki kemampuan diagnosa berbasis kasus dan memberikan
informasi secara otomatis berdasarkan pengetahuan terdahulu yang dapat direvisi untuk menyesuaikan dengan
permasalahan terbaru.. Penerapan case-based reasoning pada sistem Helpdesk ini diharapkan dapat menangani
kebutuhan IT agar proses penyelesaian masalah dapat berjalan secara efisien. Metode pengembangan sistem yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD). Hasil uji coba terhadap pengujian
menggunakan kasus baru dengan kasus yang terdapat di dalam case memory mendapatkan hasil yang baik dengan
hasil kedekatan yakni 0.85. Dengan demikian, sistem helpdesk ini dapat memberikan solusi permasalahan secara
cepat, akurat dan dapat berjalan secara automatis tanpa harus ketergantungan dengan sumber daya IT.