PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-OFFICE BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAD

STUDI KASUS : ALLIANCE SYNERGY BUSINESS DIVISION DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL LINGKUNGAN PT XYZ

Authors

  • Supono Supono
  • Okta Agnes Lady Agatha Manik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Ibnu Choldun Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v18i1.3086

Keywords:

E-Office Informasi, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, RAD, UML

Abstract

E-Office didesain dengan tujuan untuk membantu mengatasi perpindahan dokumen yang mendukung terjadinya berbagai aktivitas dalam sebuah organisasi Fitur yang terdapat dalam office meliputi: user interface, alur dokumen, informasi dokumen, fasilitas pencarian, pelacakan dokumen fisik, fasilitas catatan elektronik, tautan file dan dokumen serta penjadwalan. Proses bisnis PT Pos Indonesia saat ini Setiap kegiatan masih dilakukan secara manual berupa kertas, tinta dan printer, serta penyimpanan dokumen masih berbentuk fisik di sebuah tempat (lemari penyimpanan). Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat melakukan dan membantu kegiatan monitoring.

Dalam pembangunan sistem ini metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi objek dengan metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model RAD. Adapun tools pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi e-office ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan database sistem yang dirancang adalah UML (Unified Modelling Language).

Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan perancangan sistem informasi e-office berbasis web yang terdiri dari fitur, kelola user, kelola jadwal monitoring, kelola surat tugas dan kelola laporan monitoring. Dengan adanya perancangan sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat mempermudah dalam pengelolaan proses e-office dalam proses monitoring pada divisi Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pos Indonesia (Persero).

References

E. Astriyani, F. N. Putri, and N. E. Widianingsih, “Desain Sistem Informasi Monitoring Aset,” J. Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 87–99, 2020, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/318262-desain-sistem-informasi-monitoring-aset-025e1d45.pdf.

R. Pistis, F. Sugianto, and S. L. Agustian, “Pemaknaan Kembali Terhadap Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan,” J. Huk. Magnum Opus, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2020, doi: 10.30996/jhmo.v3i1.2630.

MKN, “PENGERTIAN CSR,” vol. 105, no. 3, pp. 129–133, 1945, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id.

R. A. Widiyanto and B. S. Wicaksono, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Laporan Penjualan Multi Cabang Berbasis Web Dengan Metode,” Biner J. Ilm. Inform. dan Komputer., vol. 1, no. 1, pp. 26–33, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/biner/article/view/2450.

M. F. A. Gani, H. F. Wowor, and F. D. Kambey, “Sistem Informasi Manajemen Pemantauan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Tidore Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, 2016, doi: 10.35793/jti.8.1.2016.13172.

M. A. Avila and D. Kurniadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Office pada Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 1, p. 137, 2021, doi:

Downloads

Published

2023-10-23