PERBANDINGAN BIAYA OPERASI TRUK PADA RUAS JALAN TOL DAN NON-TOL RUTE KANCI-PEMALANG MENGGUNAKAN METODE HDM-4
DOI:
https://doi.org/10.36618/competitive.v19i1.4068Keywords:
Biaya Operasi Kendaraan, Space Mean Speed, Tol Kanci, Tol Pemalang, HDM-4Abstract
Jalan tol di Indonesia, khususnya jaringan Tol Trans Jawa, memiliki peran penting dalam memperlancar arus barang dan mendukung efisiensi perjalanan. Namun, tingginya biaya operasional kendaraan (BOK) di jalan tol, terutama pada ruas Kanci-Pemalang, menyebabkan banyak pengemudi truk menghindari penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan Space Mean Speed dan BOK truk yang melintas di ruas Tol Kanci-Pemalang dan Jalur Pantura Non-Tol. Data yang dikumpulkan meliputi kecepatan operasi, harga bahan bakar, biaya tol, biaya makan, dan spesifikasi kendaraan menggunakan metode HDM-4 dengan kalibrasi Level 1. Hasil analisis menunjukkan bahwa jalur tol memiliki space mean speed yang lebih tinggi dibandingkan jalur Non-Tol, dengan truk 2 gandar mencatat kecepatan tertinggi di semua rute. Namun, total BOK lebih tinggi pada rute tol akibat biaya tol dan makan yang signifikan, terutama pada truk 2 gandar dengan selisih 32,3% dibandingkan Non-Tol. Sebaliknya, rute Non-Tol menghasilkan BOK dasar yang lebih tinggi, terutama pada truk 5 gandar dengan selisih 10,8%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam merumuskan kebijakan transportasi yang lebih efisien, termasuk penyesuaian tarif tol dan penyediaan fasilitas pendukung bagi angkutan barang di Indonesia.
References
Ardiyono, S. K., Parenrengi, N. P. A., & Faturachman, F. (2018). How does toll road impact accessibilities, trades, and investments in short term? A case study of Cipali toll road in West Java, Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 2(2), 226–247. https://doi.org/10.24294/jipd.v2i2.673
Bennett, C. R., & Paterson, W. D. O. (2000). A Guide to Calibration and Adaptation. Highway Development and Management Series (1st ed., Vol. 5). The World Road Association (PIARC).
Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Dewitasari, T. (2016). Dampak Pembangunan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto Terhadap Kondisi Sosial Dan Ekonomi Penduduk Di Daerah Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Swara Bhumi, 1(1), 197–207. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/14208
Dinda, A. F. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sopir Truk tidak Melewati Tol Trans Jawa (Studi Kasus: Tol Pejagan-Pemalang). Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia.
Hamidah, R. (2023). Evaluasi Kebermanfaatan Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa (Cipali) Berdasarkan Tinjauan Aspek Ekonomi Dan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 8(3), 378–393. https://doi.org/10.24815/jimeka.v8i3.28188
Hidayat, T., Ircham, & Anggorowati, V. D. A. (2020). Analisis Dampak Keberadaan Jalan Tol Trans Jawa Di Area Pemalang-Batang. EQUILIB, 01(01), 111–119. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225578251
Kerali, H. G. R., Odoki, J. B., & Stannard, E. E. (2006). Overview of HDM-4. Highway Development and Management Series (2nd ed., Vol. 1). World Road Association PIARC. https://www.gtkp.com/document/the-highway-development-and-management-series-volume-one-overview-of-hdm-4/
Merdeka.com. (2019, Februari 27). Selain Tarif, Ini Alasan Pengusaha Truk Tak Mau Masuk Tol Trans Jawa. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/uang/selain-tarif-ini-alasan-pengusaha-truk-tak-mau-masuk-tol-trans-jawa.html
Odoki, J. B. (2016). Case Study: HDM-4 adaptation for analyzing Kenya roads. https://www.research4cap.org/ral/OdokiJB-2016-HDM-4AdaptationForAnalyzingKenyaRoads-ICTRR2016-ReCAP-v20160316.pdf
Odoki, J. B., & Kerali, H. G. R. (2006). Analytical Framework and Model Descriptions. Highway Development and Management Series (2nd ed., Vol. 4). World Road Association PIARC.
Perrotta, F., Parry, T., Neves, L. C., Buckland, T., Benbow, E., & Mesgarpour, M. (2019). Verification of the HDM-4 fuel consumption model using a Big data approach: A UK case study. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 67, 109–118. https://doi.org/10.1016/j.trd.2018.11.001
Prasad, C., Swamy, A. K., & Tiwari, G. (2013). Calibration of HDM-4 Emission Models for Indian Conditions. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 104, 274–281. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.11.120
Rahayu, I. R. S. (2019, Februari 3). Ogah Gunakan Tol, Truk Logistik Lebih Untung Lewat Jalan Umum. Inews.id. https://www.inews.id/finance/makro/ogah-gunakan-tol-truk-logistik-lebih-untung-lewat-jalan-umum
Thube, D. T. (2013). Highway Development and Management Model (HDM-4): calibration and adoption for low-volume roads in local conditions. International Journal of Pavement Engineering , 14(1), 50–59. https://doi.org/10.1007/s11367-016-1203-9
Valdés, M., Hidalgo, P., Chamorro, A., & Gutiérrez, D. (2011, November). Monitoring Asphalt Pavements to Calibrate HDM-4. 8th International Conference on Managing Pavement Assets (ICMPA8). https://worldcat.org/title/769647513?oclcNum=769647513
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Competitive

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.