Optimalisasi Supply and Demand Kebutuhan Air Perusahaan Air Minum Daerah dengan Value Chain Analysis (VCA)

Authors

  • Dimas Fathurohman Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Rizki Agung Prayoga Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v20i1.4190

Keywords:

Supply dan demand, Analisis Rantai Nilai, Quality Evaluation Framework, Distribusi

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum merupakan Perusahaan merupakan penyedia kebutuahna air minum daerah. Supply distribusi air yang tidak merata menjadi permasalahan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Kebocoran air (non revenue water) pada proses distribusi menyebabkan kerugian. Banyak pelanggan mengeluh tentang tekanan air rendah, jadwal distribusi air tidak menentu, dan respon lambat terhadap keluhan. Proses identifikasi dilakukan untuk mendapatkan pendistribusian supply air harus melakukan perhitungan perencanaan supply distribusi awal dengan menggunakan metode Value Chain dan metode perhitungan menggunakan Quality Evaluation Framework. Pada aktivitas utama yaitu didapatkan pada Supply distribusi awal Cigusti sebesar 1.003.104 , total Demand konsumen sebanyak 1.099.427 ,, dan total Supply dan Demand didapatkan sebesar 1.099.427 , dengan persentase antara supply dan demand sebesar -9,6%. Pada aktivitas pendukung yaitu didapatkan alternatif penambahan supply dari 3 alternatif mata air lain sebesar 96.525 , sehingga total supply yang didapatkan sebesar 1.099.629 , untuk biaya penambahan supplynya sebesar Rp 579.150.000, dan didapatkan total biaya distribusi sebesar Rp 783.108.678.

References

Annisa, A. A. (2019). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 5 ( 01 ), 2019 , 1-8 Kopontren dan Ekosistem Halal Value Chain. 5(01), 1–8.

Ardiyansyah, M, A. M. (2023). No ????????????????????? ?????????????????Title. 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Hendri, H. (2021). Supply Chain Management dan Value Chain Analysis Produksi Ampelas. Jurnal PASTI, 14(3), 310. https://doi.org/10.22441/pasti.2020.v14i3.008

Kasus, S., & Farmasi, P. (2016). Analisis Bisnis Internal Dengan Metode Critical Success Factors ( Csf ) Dan Value Chain. 1(1), 36–40.

Marisa, J., Syahni, R., Hadiguna, R. A., & Novialdi. (2017). Analisis Strategi Rantai Nilai (Value Chain) Untuk Keunggulan Kompetitif Melalui Pendekatan Manajemen Biaya Pada Industri Pengolahan Ikan. Journal of Animal Science and Agronomy Panca Budi, 2(02), 1–11. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/97

Mualfi, D. I., Mursityo, Y. T., & Setiawan, N. Y. (2019). Evaluasi Proses Bisnis Produksi Manufacturing Area 4 (Shinta) Pada Pt Tirta Investama (Aqua) Pandaan Menggunakan Metode Value Chain Analysis, Quality Evaluation Framework (Qef) Dan Fault Tree Analysis (Fta). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4899–4906. http://j-ptiik.ub.ac.id

Pratama, A., & Sholihah, E. (2021). Analisis Value Chain Pada Minimarket Suryamu Sukoharjo. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), 145–155. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.343

Rafika, A. S., Anggiani, T. D., & Alifah, A. D. (2018). Sistem Informasi Pembelian Barang Menggunakan Metode Value Chain. SENSI Journal, 4(1), 77–87. https://doi.org/10.33050/sensi.v4i1.716

Rahayu, N. F., Hardjomidjojo, H., & Raharja, S. (2021). ANALISIS VALUE CHAIN DAN MARGIN PEMASARAN RANTAI PASOK TANDAN BUAH SEGAR SAWIT RAKYAT DI KABUPATEN BENGKALIS Analysis of The Value Chain and Marketing Margins of Palm Fresh Fruit Bunches Supply Chain in Bengkalis District. 22(2), 109–120.

Siswanto, N. A., Rachmadi, A., & Perdanakusuma, A. R. (2018). Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus Bidang Akreditasi Dan Aim Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(12), 6535–6541.

Sitompul, K. Y., Mursityo, Y. T., & Setiawan, N. Y. (2019). Evaluasi Proses Bisnis Produksi Area 3 (Srikandi) Pada Pt Tirta Investama (Aqua) Pandaan Menggunakan Metode Value Chain Analysis, Quality Evaluation …. … Teknologi Informasi Dan …, 3(5), 4891–4898.

Wisdaningrum, O. (2013). Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Dalam Lingkungan Internal Perusahaan. Jurnal Analisa, 1(1), 40–48.

Downloads

Published

2025-06-15