Perancangan Sistem Informasi Checking Tarif Dan Tracking Barang Menggunakan API Di PT. Dakota Indonesia Express

Perancangan Sistem Informasi Checking Tarif Dan Tracking Barang Menggunakan API Di PT. Dakota Indonesia Express

Authors

  • Supono Supono Politeknik Pos Indonesia
  • Awlita Pramayany Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v14i1.505

Keywords:

Perancangan Sistem Informasi, Check Tarif dan Tracking, BPMN, UML

Abstract

Saat ini banyak perusahaan telah menggunakan sistem terkomputerisasi dalam mengolah datanya. PT. Dakota Indonesia Express merupakan perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres yang berkembang pesat dan tercatat sebagai anggota Asperindo sejak tahun 2003. Namun, untuk mengetahui tarif pengiriman (proses checking tarif) dan tracking barang belum terintegrasi dengan sistem informasi perusahaan secara online dan masih dilakukan dengan cara menelpon bagian operasional, kemudian bagian operasional mengecek ke aplikasi di komputer local, sehingga kepuasan pelanggan dalam mengetahui informasi mengenai tarif kirman dan status kiriman (tracking) belum dapat terpenuhi. Oleh sebab itu, diperlukan Sistem Informasi Checking Tarif dan Tracking Barang.

Dalam perancangan sistem informasi ini, diawali dengan menganalisis proses bisnis yang sedang berjalan menggunakan BPMN (Business Process Model and Notation). Kemudian dilanjutkan dengan merancang sebuah sistem informasi dengan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language).

Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa perancangan Sistem Informasi Checking Tarif dan Tracking Barang Menggunakan layanan API (Application Programming Interface) yang memiliki fitur check tarif kiriman (tarif normal dan tarif khusus) dan check status kiriman (tracking) barang.

Downloads

Published

2019-06-21