Spesifikasi User Requirement E-Learning Bahasa Inggris Menggunakan Metode Kano

Authors

  • Dewi Selviani Yulientinah
  • Sari Armiati

DOI:

https://doi.org/10.36618/competitive.v14i2.619

Keywords:

user requirement, e-learning, Bahasa Inggris, metode Kano

Abstract

Tantangan utama dalam perguruan tinggi adalah menciptakan sebuah lingkungan belajar yang menyediakan mahasiswa dengan kemampuan kognitif untuk melakukan analisis, sintesis dan membuat kesimpulan atas topiknya. Lingkungan belajar dapat diubah dari yang berfokus pada pengajar menjadi kombinasi dari learner, knowledge dan assesment-centered, sehingga tercipta kolaborasi belajar siswa yang mendorong terwujudnya komunitas yang berkompeten sesuai sasaran jurusannya. Penelitian ini berfokus pada penyusunan user spesifikasi E-learning Bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Kano sebagai alat bantu proses belajar yang kolaboratif (Collaborative Learning). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan spesifikasi yang berkarakteristik Attractive, Must-be, One-dimensional, Indifferent, Reverse, dan Questionable. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu model Waterfall. Model Waterfall atau sering juga disebut Model Sekuensial Linear mengusulkan sebuah pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas pembuatan fitur-fitur aplikasi e-learning Bahasa Inggris adalah: polling, login, jadwal lab bahasa, forum, search engine, link, warna cerah, kuis online, chatting, informasi matakuliah, latihan online, sarana komunikasi, informasi nilai, download modul, dan aksesibilitas.

Downloads

Published

2020-01-19