Analisis Penerapan Media Pembelajaran COA QUARTET untuk Memudahkan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dalam Mempelajari Chart Of Account
DOI:
https://doi.org/10.36618/competitive.v14i2.623Keywords:
Media Pembelajaran, Chart Of Account, COA QUARTETAbstract
Pemahaman tentang Chart Of Account (COA) merupakan modal dasar dan memiliki esensi penting dalam penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) konvergensi IFRS (International Financial Reporting Standard). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan media pembelajaran COA QUARTET untuk memudahkan mahasiswa jurusan akuntansi dalam mempelajari Chart Of Account. Tahapan metode penelitian terdiri dari pembuatan media pembelajaran Prototype kartu kuartet yang diberinama COA QUARTET, selanjutnya melakuakan pengujian terhadap mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran COA QUARTET dan yang tidak menggunakan media pembelajaran COA QUARTET. Analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai mahasiswa jurusan akuntansi Politeknik Pos Indonesia yang tidak menggunakan media pembelajaran COA QUARTET adalah sebesar 26,68 dan yang menggunakan media pembelajaran COA QUARTET adalah sebesar 76,41, melalui pengujian Mann Whitney didapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai mahasiswa jurusan akuntansi Politeknik Pos Indonesia yang menggunakan media pembelajaran COA QUARTET dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran COA QUARTET