https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/issue/feed Competitive 2023-10-23T15:32:28+07:00 Prety Diawati pretydiawati@ulbi.ac.id Open Journal Systems <p>Competitive (ISSN: e.<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1535959500" target="_blank" rel="noopener">2656-4157</a> p.<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1180434999" target="_blank" rel="noopener">0216-2539</a>) is an open access and peer-reviewed journal, publishing by Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, which is a dissemination from research results from scientists and engineers in many fields of science and technology. Competitive is issues 2 times a year in June and December.</p> <p>The scope of the Competitive journal topics covers multi disciplines namely Logistics, Information Engineering, Information Systems, Business Management, and Accounting. The editors welcome submissions of papers describing recent theoretical and experimental research related to: (1) Theoretical articles; (2) Empirical studies; (3) Case studies; (4) Literature Review.</p> https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/2741 PENERAPAN APLIKASI PELAYANAN PUBLIK PADA PENDAFTARAN NPWP SECARA E-REGISTRATION 2023-08-28T10:33:10+07:00 Siti Jumiati 2001010047@students.unis.ac.id Budi Setiawan 2001010001@students.unis.ac.id Luluatul Fuadah 2001010022@students.unis.ac.id Filza Gita Maharani 2001010037@students.unis.ac.id Orlando Taruna Pratama 2001010014@students.unis.ac.id Irvan Arif Kurniawan 2001010014@students.unis.ac.id <p>Pajak adalah sumber penerimaan terbesar bagi Negara, maka Pemerintah dalam hal ini terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.&nbsp;Salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak&nbsp;adalah dengan penerapan sistem teknologi informasi dalam pendaftaran wajib pajak untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak, atau disebut sistem e-Registration.&nbsp;Sistem electronic registration (e-registration) adalah suatu layanan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan kemudahan untuk Wajib Pajak dalam hal Wajib Pajak yang ingin mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak,&nbsp;yaitu dapat mendaftarkan dirinya dengan cara online&nbsp;untuk memproses data registrasi Wajib Pajak mulai dari input data hingga pengaktivasi jumlah fundamental wajib pajak (NPWP) dan pencetakan kartunya di KPP manapun. Sedangkan untuk fiskus atau petugas pajak memudahkannya dalam memberikan pelayanan kepada calon Wajib Pajak yang datang ke Kantor Pelayanan Pajak. Penelitian&nbsp;ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan proses praktik penerapan Aplikasi e-Registration dalam permohonan pendaftaran NPWP dan untuk meninjau bagaimana pelaksanaan pelayanan penyelesaian permohonan pendaftaran NPWP melalui Aplikasi e-Registration. Penelitian ini merupakan penelitian&nbsp;dengan studi literatur, sumber dan metode pengumpulan data dengan mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-10-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Competitive https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/2856 SISTEM PAYLATER DALAM E-COMMERCE: PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING 2023-08-22T14:07:30+07:00 Fauzan Firdaus fauxzann@upi.edu Fauzan Muhammad Suryoputro fauzan.suryoputro@gmail.com Rulaa Zhalfa Shafira rulaashfr@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi wilkysgm@upi.edu <p><em>E-commerce </em>yang berkembang pesat ikut mempengaruhi sistem pembayaran yang awalnya hanya bisa menggunakan tunai, kartu, dan transfer dari atm menjadi bertambah banyak. Sistem pembayaran yang bermunculan salah satunya adalah pembayaran berbasis elektronik yang memudahkan pengguna untuk berbelanja <em>online</em>, contohnya sistem <em>paylater </em>yang merupakan jenis pembayaran kredit di <em>e-commerce</em>. Penggunaan <em>paylater </em>awalnya diharapkan untuk memudahkan pengguna membeli sesuatu yang penting tetapi belum siap secara finansial agar dapat dibayar sesuai batas waktu yang ditentukan. Tetapi, sebagian orang justru menggunakan fasilitas ini untuk berbelanja dengan jumlah yang tidak sedikit tetapi tanpa memikirkan dana di saat pembeliannya. Sehingga, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengukur seberapa besar dampak <em>paylater </em>terhadap perilaku <em>impulse buying </em>yang dialami pengguna <em>e-commerc</em>e di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode <em>literature review </em>dan analisis deskriptif kualitatif sehingga data yang digunakan adalah respon penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.</p> 2023-10-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Competitive https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/2972 ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU JERAMI UNTUK PRODUKSI JAMUR CHAMPIGNON DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) 2023-08-22T14:36:28+07:00 Labiibatish Shoolihah labiibatish@gmail.com Suntoro Suntoro toro_2001@yahoo.com Afferdhy Ariffien ferdyocean@gmail.com <p>Dunia pangan dikala pandemi sangatlah penting menimbulkan tantangan yang tidak biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya bagi otoritas yang bertanggung jawab atas sistem pemantauan keamanan pangan nasional. Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang diperlukan&nbsp; untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sehat, aktif dan produktif. Dalam era ketatnya persaingan industri pangan ini, pengendalian persediaan bahan baku jerami untuk produksi jamur <em>champignon</em> di PT. Eka Timur Raya 2 masih mengalami kendala adanya selisih bahan baku jerami yang diakibatkan antara permintaan perusahaan dengan jerami yang didatangkan oleh supplier tidak sesuai dikarenakan cuaca dan cara pengeringan yang mengakibatkan selisih kadar air jerami, sehingga terjadi ketidaksesuaian persediaan bahan baku jerami di gudang. Kekurangan bahan baku pembuatan jamur <em>champighnon</em> disetiap tahun, yang berimbas menurunnya panen jamur yang mengakibatkan kehilangan penjualan.</p> <p>Penelitian ini bersifat kuantitatif diperoleh dari dokumen atau arsip PT. Eka Timur Raya 2. Sedangkan data yang bersifat kualitatif diperoleh dari wawancara, pengamatan dan studi secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perhitungan konvensional perusahaan dengan metode <em>Economic Order Quantity</em> (EOQ) yang bisa dilakukan pengehematan sebesar 7,863.37 kg dalam sekali pemesanan dengan penghematan biaya sebesar Rp. 28,195,872 dengan beberapa faktor untuk meminimalisir jumlah persediaan bahan baku jerami dan mengoptimalkan biaya persediaan bahan baku jerami dibutuhkan frekuensi sebanyak 12 kali pemesanan dengan jumlah <em>safety stock</em> sebesar 7,346.7 kg dan pemesanan kembali (<em>reorder point</em>) sebesar 571.41 kg. Hasil dari analisis pemesanan dapat dilakukan pada musim kemarau yang terjadi di bulan Juni, Juli, Agustus. Untuk menghindari kadar air yang berlebih dapat dilakukan pemesanan&nbsp; bahan baku dalam 3 bulan yang disarankan. Dapat dibagi 2 kali pemesanan dalam 1 bulannya sehingga memperoleh hasil yang optimum.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Pangan, Jerami, Pengendalian Persediaan,<em> Economic Order Quantity</em></p> 2023-10-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Competitive https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/3057 INTEGRAGSI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 UNTUK MENGUKUR MINAT PENGGUNA APLIKASI POSPAY DI BANDA ACEH 2023-08-22T14:33:16+07:00 Ichsan Hizman Hardy ichsanhh13@gmail.com M. Yusril Helmi Setyawan ichsanhh13@gmail.com Woro Isti Rahayu ichsanhh13@gmail.com <p>Penelitian ini menganalisa minat pengguna aplikasi Pospay di Banda Aceh. Pospay merupakan paltform digital berbasis rekening Giro Pos yang diberikan kepada pelanggan sehingga dapat mengakses layanan transaksi keuangan maupun layanan lainnya dari Pos Indonesia. Penerapan Pospay di Banda Aceh saat ini masih minim dan kendala ditingkat penerimaan pengguna. Masih banyak hal yang bersifat operasional dan awamnya masyarakat terhadap penggunaan aplikasi, membuat kurangnya minat pengguna menggunakan Pospay. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat pengguna aplikasi Pospay dengan menganalisis gabungan dari dua metode. Metode TAM dan UTAUT 2 digunakan untuk mengukur minat pengguna dan mengukur kesuksesan penerapan aplikasi berdasarkan keinginan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Metode TAM dikembangkan untuk menjelaskan perilaku pengguna aplikasi. Menempatkan faktor sikap dan tiap-tiap perilaku pemakai dengan konstruk. UTAUT 2 merupakan metode yang bertujuan membantu perusahaan untuk memahami bagaimana pemanfaatan aplikasi dalam mendukung kinerja perusahaan. Gabungan hasil akhir dari kedua metode dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesuksesan penerapan aplikasi dan minat pengguna dapat dijelaskan oleh kedua metode dengan melihat hasil analisis yang dihasilkan. Hasil akhir metode yang di gunakan untuk mengukur minat pengguna menggunakan aplikasi Pospay menjelaskan variable BIU dan H sebesar 36,4%. Dan 63,6% lainnya dijelaskan oleh variable lain.</p> 2023-10-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Competitive https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/3086 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-OFFICE BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAD 2023-08-23T11:52:54+07:00 Supono Supono supono@ulbi.ac.id Okta Agnes Lady Agatha Manik agathaagnesmnk@gmail.com Ibnu Choldun ibnucholdun2023@gmail.com <p><em>E-Office</em> didesain dengan tujuan untuk membantu mengatasi perpindahan dokumen yang mendukung terjadinya berbagai aktivitas dalam sebuah organisasi Fitur yang terdapat dalam <em>office</em> meliputi: <em>user interface</em>, alur dokumen, informasi dokumen, fasilitas pencarian, pelacakan dokumen fisik, fasilitas catatan elektronik, tautan <em>file</em> dan dokumen serta penjadwalan. Proses bisnis PT Pos Indonesia saat ini Setiap kegiatan masih dilakukan secara manual berupa kertas, tinta dan printer, serta penyimpanan dokumen masih berbentuk fisik di sebuah tempat (lemari penyimpanan). Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat melakukan dan membantu kegiatan monitoring.</p> <p>Dalam pembangunan sistem ini metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi objek dengan metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model <em>RAD. </em>Adapun <em>tools </em>pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi <em>e-office</em> ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan<em> database</em> sistem yang dirancang adalah UML (Unified Modelling Language).</p> <p>Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan perancangan sistem informasi <em>e-office </em>berbasis web yang terdiri dari <em>fitur</em>, kelola user, kelola jadwal monitoring, kelola surat tugas dan kelola laporan monitoring. Dengan adanya perancangan sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat mempermudah dalam pengelolaan proses <em>e-office</em> dalam proses monitoring pada divisi Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pos Indonesia (Persero).</p> 2023-10-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Competitive