Competitive
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive
<p>Competitive (ISSN: e.<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1535959500" target="_blank" rel="noopener">2656-4157</a> p.<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1180434999" target="_blank" rel="noopener">0216-2539</a>) is an open access and peer-reviewed journal, publishing by Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, which is a dissemination from research results from scientists and engineers in many fields of science and technology. Competitive is issues 2 times a year in June and December.</p> <p>The scope of the Competitive journal topics covers multi disciplines namely Logistics, Information Engineering, Information Systems, Business Management, and Accounting. The editors welcome submissions of papers describing recent theoretical and experimental research related to: (1) Theoretical articles; (2) Empirical studies; (3) Case studies; (4) Literature Review.</p>en-US[email protected] (Prety Diawati)[email protected] (Supono)Mon, 07 Jul 2025 13:28:06 +0700OJS 3.2.1.1http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60PERANCANAGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS KOMPUTER PADA PERUSAHAAN JASA KURIR STUDI KASUS PADA PT POS INDONESIA(PERSERO)
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/282
<p>Perkembangan teknologi merubah prilaku konsumen dan proses bisnis. Konsumen menuntut kemudahan<br>dalam memenuhi kebutuhannya, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi dalam<br>meningkatkan pelayanan kepada konsumen. PT Pos sebagai perusahaan yang bergerak di pelayanan jasa<br>kurir untuk dapat mempertahankan konsumennya, harus dapat meningkatkan kualitas layanannya dengan<br>memberikan kemudahan akses kepada konsumen untuk membeli jasa yang ditawarkan perusahaan.<br>Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan harus melakukan renginering proses penerimaan kiriman<br>dengan menggunakan tekhnologi komputer berbasis teknologi informasi. Dampak dari pengembangan<br>proses tersebut bagi konsumen adalah kemudahan mengirimkan kirimannya tidak harus ke kantor pos dan<br>dapat dilakukan tanpa ada batasan waktu. Manfaat bagi perusahaan adalah menekan biaya pegawai, biaya<br>investasi pengadaan dan perawatan kantor pos serta perluasan jangkauan pelayanan lebih murah dan<br>mudah.</p>Sri Suharti
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/282Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK (STUDI KASUS: UNIT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI POLITEKNIK POS INDONESIA)
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/283
<p>Manajemen proyek meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pengaturan tugas-tugas sumber daya. TIK<br>(Teknologi Informasi Komunikasi) Poltekpos merupakan lembaga/unit yang berfungsi mengarahkan,<br>mengimplementasikan dan mengembangkan strategi dan rencana Teknologi Informasi (TI). Dalam fungsi<br>unit TIK, beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan pengelolaan sumber daya unit TIK<br>akan pengambilan keputusan terhadap aktivitasnya.<br>Kajian pengembangan tersebut akan menjadi input untuk melakukan implementasi manajemen proyek<br>dengan acuan kerangka kerja SCRUM. Hasil kajian ini berupa perancangan manajemen proyek dalam<br>implementasi manajemen proyekTI. Metode Scrum merupakan framework manajemen proyek yang<br>mengutamakan kolaborasi dan fleksibilitas. Scrum menggunakan metode empiris, atau dengan kata lain<br>setiap tahap di dalam scrum melibatkan inspeksi dan adaptasi data-data hasil inspeksi sebagai bahan<br>pembelajaran guna mencari jalan keluar.<br>Dari hasil pengembangan perancangan Sistem Infomasi Manajemen Proyek tersebut dapat di<br>implementasikan daya unit TIK sehingga dapat memberi kemudahan bagi Ketua unit TIK dan yang terlibat<br>dalam memantau dan menentukan prioritas untuk penanganan aktivitas setiap proyek.</p>Roni Habibi, Jaka Maulana
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/283Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI PENGELOLAAN DATA PENDUDUK (STUDI KASUS: DESA CIHANJUANG KECAMATAN PARONGPONG)
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/284
<p>Cihanjuang dikenal sebagai sentra penghasil kebun dan pertanian yang dapat mensuplai bukan hanya<br>daerah Bandung saja tetapi, Jakarta dan daerah perbatasan Jawa Tengah. Karena pertumbuhan penduduk<br>dan berkembangnya wilayah hunian (Panorama alam sekitar yang indah memikat para pengusaha untuk<br>membangun Vila dan wilayah hunian), lahan pertanian dan perkebunanpun menciut. Teridentifikasi<br>banyak penduduk pendatang yang sifatnya berdomisili tidak menetap, namun tidak terinventarisasi<br>dengan baik. Akibatnya, pihak aparat desa tidak dapat mengetahui secara jelas data mengenai<br>kependudukan baik dari sisi mata pencahariannya, pendidikan ataupun status kependudukan apakah<br>penduduk asli atau pendatang (mengontrak). Dalam tahap implementasi sistem ini pendekatan yang<br>digunakan adalah pendekatan parallel, yaitu strategi implementasi sistem dengan menjalankan<br>dua buah sistem (sistem yang baru dan sistem yang lama) secara bersama-sama. Tujuan dan<br>sasaran dalam mengimplementasikan Sistem Aplikasi Pengelolaan Data Penduduk di Desa Cihanjuang<br>Kec. Parongpong – Kabupaten Bandung Barat ini adalah untuk menanamkan rasa memiliki (sense of<br>ownership) bagi pengguna sistem sehingga dapat mengoperasikan sistem aplikasi dengan baik untuk<br>menghasilkan Laporan Mutasi Penduduk Desa Cihanjuang per periodik sesuai kebutuhan penggunanya</p>Maniah Maniah, M.yusril Helmi Setyawan
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/284Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700KAJIAN PEMILIHAN REKANAN PADA PERUSAHAAN PT TIRTA GEMAH RIPAH
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/285
<p>PT Tirta Gemah Ripah yang dikenal sebagai Tirta Jabar didirikan dengan latar belakang Pemprov Jabar ingin<br>memperbaharui dan mengelola sumber daya air yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk<br>meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, PT Gemah Ripah harus memiliki pasangan yang baik dan<br>sesuai prosedur, untuk mengetahui perlu melakukan penilaian kinerja Mitra untuk mengevaluasi memakannya.<br>Melalui pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP), dapat diukur dengan kinerja mitra tersebut. Dalam<br>melakukan performance appraisal partner membuat struktur hirarki terlebih dahulu, yaitu penentuan tujuan,<br>kriteria, sub kriteria dan alternatif. Tujuannya adalah penilaian kinerja mitra, untuk kriteria ada harga barang,<br>kualitas barang, kinerja pengiriman, pelayanan dan perilaku. Pada sub kriteria, ada harga bersaing, diskon,<br>standar, konsistensi kualitas, daya tahan, ketepatan waktu, kuantitas, kesesuaian, garansi dan pengaduan yang<br>tepat, dukungan operasional, responsif, kepatuhan hukum dan penyelesaian kontrak. Dan alternatifnya adalah<br>nilai Mitra A, Mitra B, Mitra C, Mitra D, dan Mitra E. AHP untuk masing-masing pasangan berdasarkan kriteria<br>dan sub kriteria di atas adalah A Partner = 0,315; Mitra B = 0,256; Mitra C = 0,199; Mitra D = 0.138; Mitra E =<br>0,102. Penilaian kinerja mitra mungkin tidak bisa dilakukan mitra bisnis atau tidak.</p>Achmad Andriyanto, Liane Okdinawati
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/285Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700Pengembangan Kemandirian Ekonomi Masjid Berbasiskan Jejaring Rantai Pasok Industri dan Perdagangan
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/286
<p>Program pengabdian pada Masjid ATH-THOHA sebagai Masjid yang saat ini dikelola oleh Dewan<br>Kemakmuran Masjid (DKM) ATH-THOHA beralamat di Gg. Golek RT.06 RW.08 Kel Batununggal Kec.<br>Bandung kidul kota bandung telah dilakukan atau difungsikan sebagai pusat kegiatan ekonomi. Program yang<br>dilakukan adalah membentuk embrio lembaga keuangan masjid dengan sasaran pada jamaah masjid yang<br>membutuhkan modal untuk berwirausaha.<br>Saat ini telah berjalan selama 1 tahun dengan jumlah anggota sebanyak 12 orang, dengan maksimum<br>peminjaman sebesar Rp. 300.000,-. Dana pinjaman ini telah mampu bergulir dan membantu biaya operasional<br>masjid seperti pembayaran listrik, konsumsi pengajian tiap minggu, serta kebersihan dan pemeliharaan<br>lainnya.<br>Pengembangan keekonomian masjid saat ini diperuntukan penambahan jumlah anggota dengan harapan<br>memperbesar jumlah jamaah yang terbantu dengan dana masjid yang tanpa bunga. Terdapat 2 skema usulan<br>yaitu: bantuan pembiayaan dalam bentuk modal, pengembangan pelatihan keuangan masjid melalui pengurus<br>DKM At-Thoha, serta program sedekah makanan/minuman sisa.</p>Dodi Permadi, Darfial Guslan, Dani Leonidas Sumarna
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/286Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700PENGARUH CUSTOMER RELATONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PERPOSAN PADA ASOSIASI PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN EKSPRES POS DAN LOGISTIK INDONESIA JAWA BARAT
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/287
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management<br>terhadap kepuasan pelanggan jasa perposan pada Asosiasi Pengiriman Jasa Ekspres dan<br>Logistik Indonesia Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah<br>deskriptif analisis dan analisis verivikatif yang dilakukan pada gerai/outlet ASPERINDO<br>Jawa Barat. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara, dengan menggunakan<br>kuesioner yang berskala likert terhadap 38 responden. Data dianalisis dengan<br>menggunakan analisis jalur (path analysis).<br>Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Relationship Management berpengaruh<br>terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana hal tersebut dapat dilihat pada tiap dimensi yang<br>ada pada customer relationship management maupun pada kepuasan pelanggan. Sedangkan<br>secara keseluruhan/simultan Customer Relationship Management mempunyai pengaruh<br>besar dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 76,1%. Dan 33,9 % lainnya<br>adalah pengaruh lainnya yang belum termasuk dalam dimensi penelitian ini.</p>Wayan Kemara Giri
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/287Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700Pelatihan Aplikasi Ms-Office Dalam Rangka Peningkatan Kegiatan Administrasi Guru PAUD Di Desa Cihanjuang Rahayu
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/288
<p>Guru pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki dua fungsi dalam jenjang pendidikan<br>anak yang paling awal. Fungsi pertama adalah sebagai role model pendidikan yang<br>mengajarkan ilmu serta keterampilan dasar pada anak didik, dan fungsi kedua adalah<br>sebagai pengganti orang tua selama anak didik berada di sekolah. Di luar itu, seorang guru<br>PAUD memiliki kewajiban administratif untuk mengerjakan dimulai dari perencanaan<br>pengajaran berupa pembuatan perangkat ajar, mendokumentasikan ikhtisar selama proses<br>pengajaran sampai melakukan pelaporan kegiatan pengajaran ke dinas terkait. Guna<br>meningkatkan kemampuan ICT pada guru PAUD di Desa Cihanjuang Rahayu Kabupaten<br>Bandung Barat, yang memiliki kurang lebih 10 PAUD dan pendidikan yang setara<br>(Kelompok Bermain, Ta’am dan SPS), maka melalui program kemitraan masyarakat akan<br>dilakukan pelatihan aplikasi teknologi informasi. Program ini akan memberikan<br>keterampilan dalam penggunaan aplikasi-aplikasi dasar umum untuk pelaporan dan<br>pembuatan perangkat ajar.</p>Supono Supono, Sari Armiati, Dewi Seviani
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/288Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARGET COSTING DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA HOME INDUSTRI PRODUKSI TAS KULIT HENNEE’S GALLERY
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/289
<p>Biaya produksi merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan harga jual<br>suatu Produk. Perlu pemilihan metode yang tepat untuk menghasilkan biaya produksi yang<br>diinginkan, Salah satu metode yang digunakan untuk Menentukan biaya produksi bagi<br>suatu perusahaan adalah metode target costing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk<br>mengetahui perhitungan biaya produksi dengan metode target costing dan pengaruhnya<br>terhadap laba di home industri produksi tas kulit Hennee’s Gallery. Untuk mengetahui<br>penerapan biaya produksi perlu dilakukan 3 hal yaitu menghitung biaya produksi<br>berdasarkan perhitungan perusahaan, melakukan value engineering, dan<br>mengaplikasikannya kedalam perhitungan biaya produksi. Hasil penelitian menyatakan<br>bahwa perhitungan biaya produksi dengan metode target costing pada home industri<br>Hennee’s Gallery menunjukkan hasil yang berbeda dengan hasil perhitungan perusahaan,<br>dimana penetapan target costing memberikan perhitungan biaya produksi yang lebih kecil<br>dari perhitungan perusahaan sehingga menyebabkan peningkatan terhadap laba<br>perusahaan. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan SPSS versi 22, diperoleh<br>hasil sebagai berikut: Koefisien korelasi yang dihasilkan adalah 1,000, yang berarti bahwa<br>variabel biaya produksi dengan metode target costing memiliki pengaruh yang sangat kuat<br>terhadap laba. Kemudian, hasil koefisien determinasi adalah sebesar 1,000 yang berarti laba<br>ditentukan oleh biaya produksi dengan metode target costing sebesar 100%. Uji t didapat<br>(-3,182 ≤ 3986,125 ≤3,182) sehingga jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ho ditolak<br>dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah biaya produksi dengan Metode<br>target costing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba yang diterima oleh<br>Hennee’s Gallery</p>Rukmi Juwita, Suci Lestari
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/article/view/289Mon, 07 Jul 2025 00:00:00 +0700