https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/improve/issue/feed Improve 2024-10-31T17:38:00+07:00 Muh. Ibnu Choldun R. [email protected] Open Journal Systems <p>Jurnal IMPROVE adalah jurnal Sistem Informasi yang dikelola program studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Improve memiliki P-ISSN : 1979-8342, terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal menerima artikel dari akademisi, ilmuwan, praktisi, dan masyarakat pada umumnya.</p> https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/improve/article/view/3845 Sistem Informasi Pengelolaan Penggajian Karyawan Berbasis Website (Studi Kasus : PT. PUTRA SUKA JEMBAR) 2024-09-08T14:27:56+07:00 Amanda Rahma [email protected] Maniah [email protected] Muhammad Ibnu Choldun Rachmatullah [email protected] <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>PT. PUTRA SUKA JEMBAR, sebuah perusahaan manufaktur suku cadang berbasis pesanan, menghadapi kesulitan dalam pengelolaan penggajian karyawan karena masih menggunakan sistem manual yang rawan kesalahan dan memakan waktu. Pencatatan absensi, proses penggajian, serta perekapan cuti dan kasbon dilakukan secara manual, menyebabkan risiko kesalahan perhitungan dan hilangnya data fisik. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan sistem informasi berbasis website menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan pendekatan berorientasi objek. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, serta dianalisis menggunakan metode PIECES, Kano, dan Five Whys Analysis untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pengguna. Tools pendukung seperti BPMN dan UML digunakan untuk memodelkan proses bisnis dan rancangan sistem. Aplikasi ini mencakup fitur pengajuan cuti dan kasbon online, pengelolaan absensi dengan auto-detect location, serta penggajian terintegrasi dengan data absensi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel.Pengujian black box menunjukkan aplikasi berjalan tanpa error yang signifikan.</p> </div> </div> </div> 2024-10-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/improve/article/view/3826 PERANCANGAN PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI KEJAKSAAN TINGGI JAWA BARAT (STUDI KASUS: KEJAKSAAN TINGGI JAWA BARAT) 2024-08-30T13:01:36+07:00 Christian Dimas Prasetya [email protected] Ibnu Choldun [email protected] <p>Penelitian ini bertajuk “Tinjauan Proses Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di BidangIntelijenKejaksaan Tinggi Jawa Barat”, dimana berkasnya perlu dikelola dengan baik agar nilai informasinya tetap terjaga sehingga dapat sampai ke penerima untuk segera ditindaklanjuti. . Fokus penelitian ini adalah pengelolaan dan pengarsipan surat masuk dan keluar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang telah dilakukan di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat selama 300 jam. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan yang kecil antara teori dan fakta mengenai pengelolaan surat, sedangkan proses pemberkasan telah sesuai dengan teori yang ada. Saran penulis, sebaiknya pengelolaan dan pengarsipan surat dilakukan secara elektronik dengan menggunakan sistem komputer agar tugas operasional dapat terselenggara secara efektif dan efisien.Hasil dari penelitian laporan praktek kerja lapangan ini adalah Perancangan Sistem Informasi Simkari yang memiliki fitur Kelola User, Kelola Login, Kelola Surat Masuk, Kelola Surat Keluar, Kelola Disposisi, dan Laporan.</p> 2024-10-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/improve/article/view/3812 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASALAH TERPUSAT UNTUK MEMUDAHKAN PENGGUNA DALAM PELAPORAN LINGKUP MULTI APLIKASI 2024-08-28T21:43:20+07:00 Bagas Prasetio [email protected] Virdiandry Putratama [email protected] <p>PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa telekomunikasi dan teknologi informasi. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, sudah banyak produk digital yang diciptakan untuk membantu pekerjaan pihak internal perusahaan atau pihak eksternal perusahaan. Akan tetapi, setiap produk digital memiliki layanan pengaduan masalahnya masing-masing dan memiliki tahapan yang berbeda-beda dalam proses pengaduannya.</p> <p>Berdasarkan hasil kuesioner kepuasan pengguna terhadap fitur pengaduan masalah yang ada saat ini, masih ada beberapa faktor yang belum dapat memenuhi harapan pengguna. Pengaduan masalah ini juga penting untuk diperhatikan oleh pihak perusahaan karena dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatan pelayanan dan kualitas pada produk yang sudah diciptakan. Maka dari itu, perlu dibuat sebuah perancangan sistem informasi yang dapat menampung semua pengaduan masalah pada produk yang dimiliki oleh perusahaan sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui gangguan yang sedang terjadi dan dapat meningkatkan kualitas produk secara cepat dan efisien.</p> <p>Dalam perancangan sistem ini, metode penelitian yang digunakan untuk menyimpulkan masalah adalah dengan menggunakan Metode PIECES, sedangkan metode yang digunakan untuk perancangan fitur menggunakan metode Kano. Selain itu, untuk metodologi pengembangan sistem yang akan diterapkan dalam pembangunan sistem adalah Metode Prototyping. Adapun BPMN yang digunakan untuk memodelkan proses bisnis yang sedang berjalan. Selain itu, tools yang digunakan untuk menggambarkan proses-proses yang akan dirancang dan perancangan database sistem dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML).</p> <p>Hasil akhir dari kegiatan ini adalah berupa laporan perancangan sistem informasi pengaduan masalah terpusat dalam lingkup multi aplikasi. Perancangan ini diharapkan dapat memudahkan pihak perusahaan untuk mengetahui letak masalah/kesalahan yang terjadi di dalam aplikasi sehingga dapat meningkatkan kualitas dari produk digital yang telah diciptakan.</p> 2024-10-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve