https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/logistik/issue/feedJurnal Logistik Bisnis2024-12-31T00:00:00+07:00M. Ardhya Bisma[email protected]Open Journal Systems<p style="text-align: justify;">Jurnal Logistik Bisnis diterbitkan oleh Program Studi Administrasi Logistik dan Program Studi Logistik Bisnis Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Redaksi mengundang para professional di dunia Industri, pendidikan dan peneliti untuk menuliskan hasil karya ilmiah dan pengalaman praktis di lapangan terkait implementasi <em>logistics </em>dan <em>supply chain</em>. Jurnal Logistik Bisnis diterbitkan 2 kali dalam satu tahun pada rentang bulan Mei-Juni dan November-Desember.</p>https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/logistik/article/view/3920PENGARUH LOGISTICS SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGKUTAN RETAIL KERETA API (Studi Kasus: KAI Logistik Kantor Cabang Bandung)2024-12-14T23:17:17+07:00Amri Yanuar[email protected]Rofiq Rochmansyah[email protected]<p><em>Bisnis logistik saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, banyaknya pesaing pada perusahaan sejenis menjadikan tantangan bagi perusahaan untuk tetap mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggannya. </em><em>Permasalahan pada PT Kereta Api Logistik Cabang Bandung yaitu adanya sejumlah keluhan pelanggan B2C angkutan barang kereta api Cabang Bandung. Permasalahan tersebut akan berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. </em><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh logistics service quality terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan data primer yang berbentuk kuesioner. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh pelanggan pengguna jasa angkutan barang Kereta Api Cabang Bandung. Sampel yang diambil adalah sebagian pelanggan pengguna angkutan barang Kereta Api Cabang Bandung. Jumlah sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan logistik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, pengembangan kualitas pelayanan logistik secara tidak langsung akan meningkatkan loyalitas pelanggan.</em></p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Logistik Bisnishttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/logistik/article/view/3924How Reviews and Ratings Influence Consumer Purchase Intentions in Indonesian E-Commerce2024-12-14T23:20:57+07:00Aditia Sovia Pramudita[email protected]<p><em>This study examines the correlation of Reviews and Ratings on Consumer Purchase Intention in Indonesian e-commerce industry. As the Indonesian e-commerce industry rapidly growth, logistics service become the backbone of this industry. This research aims to identify the factors that have positive and significant correlation on consumer purchase intention. An explanatory quantitative method is used in this research. This study surveyed 325 e-commerce users in Indonesia. Data was collected via survey web platform using non-probability purposive sampling. The analysis was conducted using multiple regression linear to examine the relationship between Reviews and Rating on Consumer Purchase Intention. The findings reveal a positive and significant correlation between (1) Reviews and Consumer Purchase Intention, and (2) Ratings and Consumer Purchase Intention. This research contributes to the field of customer behavior by demonstrating how Reviews and Rating are influencing the consumer purchase intention in the e-commerce industry. The findings offer insights for optimizing marketing strategies through reviews and ratings.</em></p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Logistik Bisnishttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/logistik/article/view/3971ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG MENGGUNAKAN METODE CLASS BASED STORAGE DI CV PERMATA HITAM PERMAI 2024-12-16T20:07:52+07:00Achmad Andriyanto[email protected]Xharel Fawaz Rivan[email protected]<p><em>CV Permata Hitam Permai, sebagai distributor produk Unilever, menghadapi masalah dalam manajemen tata letak gudang. Masalah ini menyebabkan kesulitan dalam pengorganisasian penyimpanan, aksesibilitas produk, dan efisiensi operasional. Dengan bertambahnya volume dan variasi produk, diperlukan solusi untuk meningkatkan kinerja gudang melalui tata letak yang lebih baik. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan metode Class Based Storage, yang mengorganisasi penyimpanan berdasarkan kategori tertentu sesuai jenis dan frekuensi pergerakan produk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan analisis data historis perusahaan. Penerapan metode Class Based Storage dilakukan melalui proses identifikasi jenis dan kategori produk, perhitungan utilitas penggunaan ruang, perhitungan throughput, perhitungan klasifikasi ABC, perhitungan kebutuhan ruang dan perancangan tata letak gudang baru. Prinsip dalam merancang tata letak gudang baru adalah dengan melakukan penempatan produk fast moving dekat dengan pintu masuk dan keluar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional. Hasil dari penerapan metode Class Based Storage di CV Permata Hitam Permai berhasil meningkatkan efisiensi gudang dengan mengkategorikan 1.507 jenis produk ke dalam tiga kelompok utama dan menempatkan produk berdasarkan frekuensi pergerakan dan nilai kumulatif. Hal ini membuat tata letak gudang lebih terstruktur, mengoptimalkan pemanfaatan ruang, contohnya untuk produk perawatan tubuh memerlukan ruang terbesar sebesar 42%. Secara keseluruhan kesimpulan penerapan metode ini dapat memberikan kontribusi dalam memperbaiki organisasi penyimpanan dan aksesibilitas, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan produktivitas gudang.</em></p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Logistik Bisnishttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/logistik/article/view/3990PENGUKURAN WAKTU BAKU AKTIVITAS LABELLING DI PERUSAHAAN THIRD PARTY LOGISTIC (3PL) PT X MENGGUNAKAN METODE STOPWATCH TIME STUDY2024-12-29T20:38:34+07:00Noneng Nurjanah[email protected]Puri Julianti Agustin[email protected]<p>Aktivitas labelling pada perusahaan third party logistik merupakan salah satu layanan yang ditawarkan kepada konsumen. Waktu yang digunakan untuk aktivitas ini berpengaruh pada tingkat layanan, sehingga apabila aktivitas ini tidak berjalan sebagaimana mestinya dapat mengakibatkan penumpukan pesanan (backorder) dan target output tidak tercapai sehingga dapat meningkatkan biaya operasional. Guna mencegah hal ini terjadi, diperlukan pengukuran waktu baku untuk melakukan aktivitas tersebut. Metode stopwatch time study digunakan sebagai pendekatan dalam pengukuran Proses penentuan waktu standar ini meliputi perhitungan waktu siklus, faktor rating, waktu normal, dan allowance. Dari hasil pengamatan, didapatkan bahwa waktu siklus untuk pelabelan adalah 30,00 menit, waktu normal adalah 31,48 menit, dan waktu baku adalah 33,18 menit. Angka ini bisa dijadikan patokan oleh perusahaan untuk menentukan standar produktivitas dan merencanakan kapasitas produksi di masa depan.</p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Logistik Bisnis