Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Easy COA Berbasis Aplikasi Android untuk Memudahkan Siswa/i jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 11 Bandung dalam Mempelajari Chart Of Account (COA)
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v3i1.1519Keywords:
Chart Of Account (COA), Android, Easy COAAbstract
Pemahaman tentang Chart Of Account (COA) merupakan modal dasar dan memiliki esensi penting dalam penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) konvergensi IFRS (International Financial Reporting Standard). SMKN 11 Bandung terletak di Jl. Budi Jl. Raya Cilember, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40153. Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga terdiri dari 343 Siswa. Perbedaan pola pikir, kebiasaan dan daya tangkap siswa/i yang menjadi dasar dalam menerima materi pembelajaran khususnya pemahaman Chart Of Account di mata pelajaran Akuntansi Dasar di jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Chart Of Account (COA) atau daftar rekening yaitu istilah yang terdengar sangat sulit jika diartikan Sehingga untuk memahami ini dalam pengertian yang lebih sederhana dan untuk membantu siswa/i dalam memahami COA dibuatlah dibuatlah media pembelajaran dalam bentuk aplikasi android bernama Easy COA. Untuk itu peneliti tertarik mengambil judul “Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Easy COA Berbasis Aplikasi Android untuk Memudahkan Siswa/i jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 11 Bandung dalam Mempelajari Chart Of Account (COA)”. Adapun tujuan kegiatan PKM ini adalah: (1) untuk memperkenalkan media pembelajaran Easy COA Berbasis Aplikasi Android dalam mempelajari Chart Of Account (COA); (2) untuk menganalisis penerapan media pembelajaran Easy COA Berbasis Aplikasi Android untuk memudahkan siswa/i jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga dalam mempelajari Chart Of Account (COA)
References
Munawir, Analisa Laporan Keuangan, Jakarta : Liberty, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D, Jakarta: Alphabeta, 2019.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Tu, J. C., Liu, L. X., & Wu, K. Y. (2018). Study on the learning effectiveness of stanford design thinking in integrated design education. Sustainability (Switzerland), 10(8). https://doi.org/10.3390/su10082649
Huang, K. T., Ball, C., Francis, J., Ratan, R., Boumis, J., & Fordham, J. (2019). Augmented versus virtual reality in education: An exploratory study examining science knowledge retention when using augmented reality/virtual reality mobile applications. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 22(2), 105–110. https://doi.org/10.1089/cyber.2018.0150