Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Belajar Mengajar Online (Daring) di SMK Widya Dirgantara
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v3i2.1732Keywords:
Pembelajaran online (daring), Aplikasi Quizizz, media pembelajaran, SMK WIDYA DIRGANTARAAbstract
Dengan adanya pandemi Covid19, pemerintah mau tidak mau harus mengadopsi kebijakan sistem pembelajaran keluarga di semua jenjang pendidikan. Instruksi pembelajaran online terlampir pada kebijakan ini. Untuk mendukung pembelajaran online, perlu digunakan alternatif yang cukup relevan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Quizizz dengan nilai edukasi. Saya berharap siswa memiliki motivasi yang cukup untuk belajar dan lebih banyak inovasi, sehingga menjadi lebih menarik dan menarik. Ini akan mendorong pembelajaran. Online, termasuk di SMK WIDYA DIRGANTARA. Hasil yang dapat dicapai aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif antara lain: (1). Hal ini terkait dengan penggunaan handphone oleh siswa dalam proses pembelajaran, (2). Siswa memahami masalah secara mandiri. (3) Selama proses pembelajaran, siswa dapat meminta materi, mengevaluasi dan mencatat materi. (4). Ketepatan siswa dalam masalah dan manajemen waktu. (5) Ajukan pertanyaan atau tes dengan tenang. Oleh karena itu, penggunaan media terapan Quizizz diharapkan dapat berperan dalam proses pembelajaran khususnya di SMK WIDYA DIRANGTARA.
References
Isratul Aini, Yulia. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkul. Jurnal Kependidikan 2.25 (2019).
Noor, S. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati 6.1 (2020): 1-7.
Agung setiawan dkk. “Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X Ipa 7 SMA Negri 15 semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS,2019.