Pelatihan Manajemen Persediaan Dalam Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa Smk Icb Cinta Niaga Bandung

Authors

  • Dini Hamidin politeknik pos indonesia
  • Maniah Maniah Politeknik Pos Indonesia
  • Erna Mulyati Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v4i1.2401

Keywords:

SMK ICB, Manajemen Persediaan, Pelatihan, kompetensi kognitif

Abstract

SMK merupakan sekolah lanjutan yang banyak memiliki peminat sehingga menjadi sebuah tantangan sekolah untuk lebih meningkatkan siswa/i ataupun lulusannya untuk dapat bersaing dan terserap di dunia kerja. Saat ini SMK ICB memiliki 4 jurusan, dan 2 jurusan diantaranya jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran serta Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Hampir semua kegiatan administrasi perusahaan melibatkan aktivitas manajemen persediaan, baik manajemen persediaan peralatan kantor hingga persediaan produk yang dijual di perusahaan ritel. Oleh karena itu, penting bagi siswa/i SMK ICB Cinta Niaga bandung untuk memiliki pengetahuan tentang manajemen persediaan. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilakukan pelatihan materi manajemen persediaan dan menjadi materi yang disepakati oleh pihak sekolah untuk diberikan kepada siswa/i-nya. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/i SMK ICB Cinta Niaga mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan manajemen persediaan. Kegiatan PKM ini dilaksanakan menggunakan metode pelatihan, dimana hasil pelatihan ini menjadi pengetahuan yang ditangkap oleh kompetensi kognitif. Kegiatan dilakukan dari mulai pre test, kegiatan pelatihan dan post test. Hasil post test menjelaskan bahwa dari beberapa pertanyaan yang ditanyakan di awal beberapa orang yang paham materi manajemen persediaan kisaran 37 – 96 % setelah diberikan pelatihan terjadi kenaikan pemahaman siwa menjadi 48 – 100%. Sehingga dampak pelatihan ini membawa hal positif dalam meningkatkan daya serap siswa/siswi di SMK ICB.

References

Basri, M., Ag., D. H. H., & Rusdiana, D. H. A. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (M. S. Dr Beni Ahmad Saebani (ed.); 1st ed.). Pustaka Setia Bandung.

Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/hnfys

Irpandi, A. (2013). Pengaruh Program Training, Metode Pembelajaran dan Administrasi Pendidikan terhadap Kompetensi Siswa Kelas XII Kelompok Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/25855/1/Alpan irpandi 12501247003.pdf

Le Deist, F. D., & Winterton, J. (2005). What is competence? Human Resource Development International, 8(1), 27–46. https://doi.org/10.1080/1367886042000338227

Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh). Universitas Tanjung Pura, 1–11.

Saleh, S., Magfirah, Niswaty, R., Haerul, & Jamaluddin. (2022). The Influence of Rewards on Student Learning Outcomes in the SMK Negeri 4 Takalar. Jurnal Office: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 47–56. https://ojs.unm.ac.id/jo/article/view/33064/15877

Stufflebeam, D. L. (1971). The Use of Experimental Design in Educational Evaluation. JOURNAL OF EDUCATIONAL MEASUREMENT, 8.

Downloads

Published

2022-11-21

Issue

Section

Articles