DESAIN PROBLEM PACKAGE UNTUK PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK GURU SMU 2 GARUT

Authors

  • Irayanti Adriant Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Ita Puspitaningrum Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Moehammad Satiadharma Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v4i2.2826

Keywords:

Problem Based Learning, Metode Pengajaran, Pedagogi

Abstract

Penguasaan guru terhadap suatu metode pengajaran di kelas menjadi penentu penyerapan materi oleh murid-murid SMU. Permasalahan yang sering terjadi di SMU 2 Garut adalah penguasaaan mengenai metoe pengajaran yang dialakukan masih bersifat klasikal sehingga dibutuhkan metode pengajaran yang baru. Salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada studen learning center adalah metode Problem Based Learning (PBL). Pengabdian kepada masyarakat ini akan melakukan sosialisasi dan pengarahan mengenai problem package PBL. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan metode ceramah dan workshop pembuatan problem package yang berupa perumusan problem, expert judgement, dan penilaian. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini terlihat bahwa peningkatan pengetahuan dan minat guru-guru di SMU 2 Garut meningkat setelah kegiatan sosialisasi ini. Diharapkan penggunaan metode PBL dikelas akan meningkat.

References

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZ Media.

Hung, W. (2007). Problem-Based Learning. Semantic Scholar. 14759206.

Ravitz, Jason. Introduction: Summarizing Findings and Looking Ahead to a New Generation of PBL Reseach. Interdiciplinary Journal

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Articles