PEMBERDAYAAN UMKM RUMAH PINTAR BANDUNG DENGAN DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN USAHA
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v4i2.2828Keywords:
UMKM, Rumah Pintar Bandung, Digitalisasi PemasaranAbstract
UMKM di Indonesia mempunyai kontribusi yang penting sebagai penopangperekonomian. Penggerak utama perekonomian di Indonesia selama ini padadasarnya adalah sektor UMKM. Memasuki era internet sekarang ini para pelakuUMKM kini banyak terbantu dengan adanya Marketplace seperti Tokopedia,Shopee, Bukalapak, GoFood, ShopeeFood dll dimana dengan memanfaatkanMarketplace maka tidak lagi harus mengeluarkan biaya untuk menyewa tempausaha yang tentunya menjadi biaya sewa bulanan nantinya. Belum lagi dengantumbuhnya media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Tiktok, dll dapadimanfaatkan bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya.
Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) identik dengan masihkurangnya kesadaran untuk menjalankan pembukuan dengan baik dalam duniabisnis. Dengan kurangnya pengetahuan dalam pembukuan, otomatis menghambatmereka menjalankan kegiatan pembukuan keuangan. Sementara minimnyapengetahuan pebisnis UMKM dalam pembukuan juga seringkali tidak disertaidengan pemenuhan sumberdaya untuk menjalankan kegiatan akuntansi bisnis.Pemberdayaan di UMKM Rumah Pintar Bandung dengan digitalisasi pemasarandan peningkatan pengetahuan mengenai pembukuan UMKM dengan harapan usahaUMKM semakin meningkat. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia yang berisikan isu-isu pokok, tujuan pengabdian, metode pelaksanaan, dan hasil kegiatan.
References
Carl s, W., Reeve, J. M., Duchac, J. E., Wahyuni, E. T., & Jusuf, A. A. (2018). Pengantar Akuntansi 2. Salemba.
Diana, A., & Setiawati, L. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Terbaru. Andi.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. IKAPI. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Gava Media.
Muljono, R. . (2018). Digital Marketing Concept. Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama. Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan Ke). Liberty Yogyakarta.
Nugroho, A. (2015). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT Business Training and Empowering Management Surabaya Vol. IV, No. 2. Hal 36.
Opiida. (2014). Pengertian E-marketplace.
Silvia, A. F. (2014). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Sistem Komputer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Syaiful, B. (2016). Pengantar Akuntansi (Cetakan Pe). CV. Andi Offset. Walter, H. J. (2012). Akuntansi Keuangan IFRS (Edisi Kede). Erlangga.