PELATIHAN PEMILIHAN VENDOR DAN CARA PENGEMASAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING EKSPORT KOPI

Kelompok Tani Kopi Kadungora Kabupaten Garut

Authors

  • Nurlaela Kumala Dewi Universitas Logistik dan Bisnis Interasional
  • Hartati Mediana Pahpahan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Anggi Widya Purnama Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v4i2.2830

Keywords:

Kelompok Tani, Implementasi Pemilihan Vendor, Pengemasan

Abstract

Salah satu kecamatan di kabupaten Garut yaitu Kadungora merupakan penghasil kopi yang potensial. Saat ini para petani, pengepul dan pedagang kopi di Kecamatan Kadungora telah banyak dibentuk kelompok tani yang tujuannya meningkatkan pendapatan para pelaku penghasil kopi didaerah tersebut. Adanya keluhan dari konsumen bahwa kemasan ketika sampai rusak dan menyebabkab rasa kopi berubah, dan biaya distribusi yang mahal serta sering terlambat. Hal ini menyebabkan petani kopi di desa Mekar Bakti perlu diajarkan dengan cara Implementasi cara mengemas kopi green bean  dan pelatihan cara memilih vendor yang bisa dijadikan mitra untuk mendistribusikan kopi tersebut dengan biaya yang murah dan kualitas hasil pengiriman sesuai dengan yang diharapkan. Hasil sebelum pelatihan untuk cara pemilihan vendor pengiriman menunjukkan bahwa 30.3% peserta mengetahui cara memilih vendor pengiriman yang baik, 69.7% tidak mengetahui cara memilih vendor pengiriman yang baik dan hasil pelatihan pemilihan vendor menunjukan peserta 100% mengetahui cara memilih vendor pengiriman komoditas kopi.Hasil sebelum pelatihan untuk cara melakukan pengemasan kopi untuk kualitas local, nasional dan mancanegara menunjukkan bahwa peserta 68% mereka mengetahui cara pengemasan yang baik, 32% tidak mengetahui cara pengemasan yang baik dan hasil setelah pelatihan peserta pelatihan 100% mengetahui cara pengemasan komoditas kopi yang baik.

References

Barry, R., & Heizer, J. (2015). Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (11th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Day, G.S. (1994) The Capabilities of Market-Driven Organizations. Journal of Marketing, 58, 37-52. https://doi.org/10.2307/1251915

Dewi Kurniawati, Henry Yuliando, Kuncoro Harto Widodo (2013)“ Kriteria Pemilihan Pemasok Menggunakan Analytical Network Process” Journal of Industrial Engineering Research and Application DOI : https://doi.org/10.9744/jti.15.1.25-332 ISSN 1411-2485 (PRINT), ISSN 2087-7439 (ONLINE)

Fong, P.S. and Choi, S.K. (2000) Final Contractor Selection Using the Analytical Hierarchy Process. Construction Management and Economics, 18, 547-557. Journal Scientific Research An Academic Publisher http://dx.doi.org/10.1080/014461900407356

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2017). Sektor Pertanian Berkontribusi Positif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi RI Triwulan II 2017. Retrieved July 20, 2017, from http://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=2175

Malabar Mountain Coffee. (2018). Retrieved July 20, 2018, from https://malabarmountain.com/

Monzcka, R. M., & Handfield, R. B. (2011). Purchasing and Supply Chain Management 5th Edition. Ohio, South - Western US: Cengage Learning.

Nydick, R.L. & Hill R.P., 1992. Using the Analytic Hierarchy Process to Structure the Supplier Selection Procedure. International Journal of Purchasing and Materials Management, 31-36.

Rachma Septiana, L., Machfud, M., & Yuliasih, I. (2017). Peningkatan Kinerja Rantai Pasok Bawang Merah (Studi Kasus: Kabupaten Brebes). Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 27(2). https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2017.27.2.125

Rizqiah, F., & Setiawan, A. (2014). Analisis Nilai Tambah dan Penentuan Metrik Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Pepaya Calina ( Studi Kasus di PT Sewu Segar Nusantara ), V(1), 72–89.

Saaty, T., 2000, The Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process, AHP Series Vol. VI, 478pp

Saaty, T. L., 1980, The Analytic Hierarchy Process, McGraw-Hill.

Suciadi, Y. (2013). Pemilihan dan Evaluasi Pemasok pada PT. New Hope Jawa Timur dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(1), 1-17.

Van Der Vorst, J. G. (2006). Chapter 2: Performance Measurement in Agri-Food Supply Chain Networks, An Overview. Quantifying the Agri-Food Supply Chain, 13–24. https://doi.org/10.1007/1-4020-4693-6_2

Weber, C.A, Curreny, J.R and Benton, W.C (1991) Vendor Selection Criteria and Methodes, European Journal of Operational Research, 50, 2-18. http://dx.doi.org/10.1016/0377-2217(91)90033-R

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Articles