Literasi Platform Bisnis Digital Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Bisnis E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v5i1.3242Keywords:
Literasi Digital, Platform Bisnis digital, TokoTalkAbstract
Perubahan preferensi konsumen terhadap transaksi online telah meningkatkan penggunaan aplikasi e-commerce. Hal ini mempengaruhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam menggunakan berbagai platform digital bisnis yang tersedia di internet. Kebutuhan ini juga menjadi perhatian para guru di SMK ICB Cinta Niaga Bandung untuk menambah wawasan peserta didiknya, khususnya Jurusan Bisnis dan Pemasaran Online (BDP), serta Otomasi dan Manajemen Perkantoran (OTKP). Metode kegiatan pelatihan ini terdiri dari 3 tahap: mengidentifikasi tujuan pembelajaran, merancang penilaian (pre-test dan post-test), dan melaksanakan strategi instruksional (literasi pengetahuan dasar bisnis digital dan instruksi demonstrasi pada platform bisnis digital TokoTalk). Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ini, pelatihan ini diikuti oleh 27 siswa dan telah efektif meningkatkan literasi dan keterampilan digital siswa jurusan BDP dan OTKP SMK ICB Cinta Niaga dalam menggunakan platform bisnis digital TokoTalk.
References
Annur, C. M. (2022). Daftar Negara Paling Sering Belanja Online, Indonesia Peringkat ke-5. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/14/daftar-negara-paling-sering-belanja-online-indonesia-peringkat-ke-5
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik e-commerce 2021.
Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812
Huda, F., & Sukadiono. (2021). Peningkatan Penjualan melalui Pendampingan Online Selling Pada Platform Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 557–566. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i4.10161
Hutahaean, E. S. H., Pratiwi, Y. W., Perdini, T. A., & Novitasari, F. (2023). Measuring The Effectiveness and Success Rate of Training Programs. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 03(01), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.98765/apjbet.v3i01.113
Jayani, D. H. (2019). Tren Pengguna Ecommerce Terus Tumbuh. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023
Kaman, T., Rostamian, R., & Dingman, S. W. (2022). Training the next generation of computational scientists through a new undergraduate course. https://science.energy.gov/ascr
Karaman, J., Widaningrum, I., Setyawan, M. B., & Sugianti, S. (2020). Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.3701
Marin, V. I., & Castaneda, L. (2022). Developing Digital Literacy for Teaching and Learning. In O. Zawacki-richter & I. Jung (Eds.), Handbook of Open, Distance and Digital Education. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-19-0351-9
Stufflebeam, D. L. (1971). The Use of Experimental Design in Educational Evaluation. Journal of Educational Measurement, 8.
Umiyati, E., & Achmad, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi online pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(2), 255–266. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i2.12555