Literasi Platform Bisnis Digital Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Bisnis E-Commerce

Authors

  • Dini Hamidin Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Erna Mulyati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Maniah Maniah Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v5i1.3242

Keywords:

Literasi Digital, Platform Bisnis digital, TokoTalk

Abstract

Perubahan preferensi konsumen terhadap transaksi online telah meningkatkan penggunaan aplikasi e-commerce. Hal ini mempengaruhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam menggunakan berbagai platform digital bisnis yang tersedia di internet. Kebutuhan ini juga menjadi perhatian para guru di SMK ICB Cinta Niaga Bandung untuk menambah wawasan peserta didiknya, khususnya Jurusan Bisnis dan Pemasaran Online (BDP), serta Otomasi dan Manajemen Perkantoran (OTKP). Metode kegiatan pelatihan ini terdiri dari 3 tahap: mengidentifikasi tujuan pembelajaran, merancang penilaian (pre-test dan post-test), dan melaksanakan strategi instruksional (literasi pengetahuan dasar bisnis digital dan instruksi demonstrasi pada platform bisnis digital TokoTalk). Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ini, pelatihan ini diikuti oleh 27 siswa dan telah efektif meningkatkan literasi dan keterampilan digital siswa jurusan BDP dan OTKP SMK ICB Cinta Niaga dalam menggunakan platform bisnis digital TokoTalk.

References

Annur, C. M. (2022). Daftar Negara Paling Sering Belanja Online, Indonesia Peringkat ke-5. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/14/daftar-negara-paling-sering-belanja-online-indonesia-peringkat-ke-5

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik e-commerce 2021.

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812

Huda, F., & Sukadiono. (2021). Peningkatan Penjualan melalui Pendampingan Online Selling Pada Platform Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 557–566. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i4.10161

Hutahaean, E. S. H., Pratiwi, Y. W., Perdini, T. A., & Novitasari, F. (2023). Measuring The Effectiveness and Success Rate of Training Programs. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 03(01), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.98765/apjbet.v3i01.113

Jayani, D. H. (2019). Tren Pengguna Ecommerce Terus Tumbuh. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Kaman, T., Rostamian, R., & Dingman, S. W. (2022). Training the next generation of computational scientists through a new undergraduate course. https://science.energy.gov/ascr

Karaman, J., Widaningrum, I., Setyawan, M. B., & Sugianti, S. (2020). Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.3701

Marin, V. I., & Castaneda, L. (2022). Developing Digital Literacy for Teaching and Learning. In O. Zawacki-richter & I. Jung (Eds.), Handbook of Open, Distance and Digital Education. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-19-0351-9

Stufflebeam, D. L. (1971). The Use of Experimental Design in Educational Evaluation. Journal of Educational Measurement, 8.

Umiyati, E., & Achmad, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi online pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(2), 255–266. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i2.12555

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles