Pemanfaatan Artificial Intelligence Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran di MA Multiteknik Asih Putera
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v5i2.3254Keywords:
Artificial Intelligence, Pembelajaran, ChatGPT, TomeApp, MidJourneyAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini mengeksplorasi potensi pemanfaatan berbagai teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT, Bing AI, Notion AI, Tome App, Wepik by Freepik, dan Midjourney dalam konteks pendidikan. Fokus PKM adalah mengintegrasikan teknologi AI ke dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Multiteknik Asih Putera dengan tujuan meningkatkan pengalaman belajar siswa. Proses implementasi teknologi AI membuktikan keberhasilannya dalam berbagai aspek. Penggunaan ChatGPT memperkaya interaksi siswa-guru dengan dialog interaktif yang memikat. Bing AI membantu akses yang lebih efisien ke sumber daya pendidikan yang relevan. Notion AI membantu dalam pengelolaan dan organisasi sumber daya pembelajaran, memungkinkan guru untuk lebih efisien dalam menyusun materi. Tome App dan Wepik by Freepik membantu dalam menciptakan konten pembelajaran yang menarik dan interaktif, dan Midjourney mengubah teks menjadi gambar, memicu kreativitas siswa. Hasil PKM menunjukkan bahwa penggunaan beragam aplikasi kecerdasan buatan membuka peluang baru dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang beragam, interaktif, dan relevan bagi siswa di era digital. Temuan ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan model pembelajaran yang merespons tuntutan teknologi modern dan memberikan hasil yang bermanfaat untuk MA Multiteknik Asih Putera.
References
Atika, M., Sayekti, R., Studi, P., Informasi, I., & Sosial, F. I. (2023). Studi Literatur Review Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence ( AI ) Library Information System Based on Artificial Intelligence ( AI ): Literatur Review Pendahuluan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak yang. 14(1), 39–52.
Bereczki, E. O., & Kárpáti, A. (2021). Technology-enhanced creativity: A multiple case study of digital technology-integration expert teachers’ beliefs and practices. Thinking Skills and Creativity, 39(November 2020). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100791
Demissie, E. B., Labiso, T. O., & Thuo, M. W. (2022). Teachers’ digital competencies and technology integration in education: Insights from secondary schools in Wolaita Zone, Ethiopia. Social Sciences & Humanities Open, 6(1), 100355. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100355
Handadi, S. (2020). Pemanfaatan artificial. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.
Kom, S. M., Islam, U., Sulthan, N., & Saifuddin, T. (2023). FENOMENA ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) (Issue June).
Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45(May). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101069
Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.
Sanusi, I. T., Oyelere, S. S., & Omidiora, J. O. (2022). Exploring teachers’ preconceptions of teaching machine learning in high school: A preliminary insight from Africa. Computers and Education Open, 3(September 2021), 100072. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100072
Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Wen, X., & Walters, S. M. (2022). The Impact of Technology on Students’ Writing Performances in Elementary Classrooms: A Meta-Analysis. Computers and Education Open, 3(February), 100082. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100082