Optimalisasi Online Marketing Dan Fullfilment Center Untuk Peningkatan Penjualan Produk Unggulan SMKN 1 Garut
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v5i1.3285Keywords:
Konten promosi digital, Produk dan Jasa UMKM, PemasaranAbstract
SMKN 1 Garut merupakan perubahan dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas Negeri (SMEAN) Garut yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1959, berubah pada tahun 2001, menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Bisnis dan Manajemen. Terletak di jalan Cimanuk No. 309 A, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut dengan luas tanah 16.535 m2. Kompetensi yang dimiliki saat ini berjumlah 10, yaitu: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga, Teknologi Laboratorium Medik, Sistem Informatika Jaringan Dan Aplikasi, Teknik Energi Terbarukan, Manajemen Logistik, Farmasi Klinis Dan Komunitas, Teknik Komputer Dan Jaringan, Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Dan Pemasaran, Multimedia. Saat ini SMKN 1 Garut telah memiliki Teaching Factory (TeFa), dengan salah satu produknya adalah Sabun Cuci Piring (Sacupir). Selain itu, juga terdapat beberapa produk dan jasa yang tersedia di SMKN 1 Garut. Berdasarkan kendala yang dihadapi oleh mitra saat ini terdapat beberapa hal yang menjadi fokus utama untuk dapat dibantu dalam penyelesaiannya, salah satunya yaitu belum dimanfaatkannya promosi pada media sosial untuk produk dan jasa yang tersedia di SMKN 1 Garut, sehingga dibutuhkan pembuatan konten promosi.
Tujuan kegiatan ini adalah membantu tefa SMKN 1 Garut dalam pemasaran. Fokus pengabdian adalah untuk Optimalisasi online marketing (pembuatan konten promosi) sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran merek, peningkatan tingkat konversi penjualan, peningkatan loyalitas pelanggan sehingga mampu meningkatan kepuasan pelanggan.
Hasil kegiatan ini adalah dihasilkannya 33 hasil video konten yang dibuat oleh peserta pelatihan terkait dengan promosi produk/ jasa yang berada di lingkungan SMKN 1 Garut. Hasil konten yang dibuat menunjukan bahwa sebagian konten yang dibuat cukup dapat menarik perhatian calon pengguna/ pembeli produk/ jasa yang dicoba untuk dipromosikan.
References
Bayhaqi H, Aslami N. MAMEN (Jurnal Manajemen) Indentifikasi Pasar, Segmen Dan ISSN (P): 2747-2345 E-ISSN (O): 2746-8704 MERPATI 5 (1) (2023) Hal. 11Target Pasar Sasaran Bisnis Asuransi. Vol. 1. 2022
Nur SE, Cahya I, Utami B, Syamsul Hidayat M. ANALISA PERSAINGAN HOME INDUSTRI TEMPE DIDESA PULOGREJO MENGGUNAKAN CPM
Shiratina A, Indika DR, Komariyah I, Kania D, Solihin EH, Kunci K, et al. Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital [Internet]. Vol. 2, Jurnal Sain Manajemen. 2020. Available from: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Artanto H, Nurdiyansyah F, Widyagama Malang U. Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. Journal of Information Technology andComputer Science (JOINTECS) [Internet]. 2017;1(2). Available from: http://info.cern.ch/
Shimp. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan.. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Vol. 16, 16(02), 108–122.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (7th ed.). Pearson.
Wardhana (2015), STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA, Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015 fkb.akuntansi.upi.edu/prosiding
Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur-Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250–258.
Abidin, R. F., & Ibrahim, N. (2019). Analisa dan Pengimplentasian Digital marketing pada Studio Brother’s Photo. Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, 1(2), 397–410.
Saragih, M. G., Manullang, S. O., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Era Digital. CV. Andalan Bintang Ghonim.
Chakti, A. G. (2019). The book of digital marketing. In Makassar: Celebes Media Perkasa