PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN RISET ILMIAH DI SEKOLAH
UTILISATION OF INFORMATION TECHNOLOGY IN STRENGTHENING SCIENTIFIC RESEARCH SKILLS IN SCHOOLS
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v6i1.3763Keywords:
teknologi informasi, metodologi, riset, focus group discussion, workshopAbstract
Guru memiliki peran sentral dalam proses pendidikan. Dalam kesehariannya, guru tentunya menemukan banyak permasalahan yang dihadapi dilapangan. Permasalahan yang ditemukan tersebut tentu dapat diselesaikan dengan pendekatan sebuah riset. Objek dari kegiatan PKM ini adalah guru-guru di MA Multiteknik Asih Putera yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2024 dan 13 Juli 2024. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah Memberikan penguatan kemampuan riset seperti pengetahuan dan keterampilan teknis yang diperlukan sesuai dengan kaidah riset dan meningkatkan keterampilan riset di era digital ini dengan memanfaatkan teknologi informasi. Metode pelaksanaan menggunakan 3 tahap yaitu FGD, Workshop 1 dan workshop 2. Hasil dari kegiatan PKM ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis yang diperlukan sesuai dengan kaidah riset serta berhasil meningkatkan pengetahuan keterampilan riset dengan memanfaatkan teknologi informasi. Keberhasilan ini terlihat dari tiga hasil evaluasi yaitu hasil Evaluasi Peningkatan level keberdayaan mitra terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 26% antara sebelum dan sesudah pelatihan. Evaluasi keterserapan materi dengan hasil rata-rata 83% responden tertarik dengan materi yang disajikan. Dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan dimana rata-rata 83% responden menilai positif
References
A. Azizah, “Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran,” Auladuna, vol. 3, no. 1, pp. 15-22, 2021.
M. R. RI, “PERMEN Jabatan fungsional guru dan angka kreditnya”. Jakarta 2009.
H. C. A. Kistoro, “Penguatan kemampuan guru dalam melakukan riset ilmiah di SD,” Communautaire : Journal of Community Service,, vol. 1, no. 2, pp. 111-117, 2022.
Tolentino, “The research capability if seconday school science teacher,” International Journal of Multidisciplinary : Applied Business and Education Research, vol. 2, no. 3, pp. 213-224, 2021.
M. Sinaga, “Sekolah berbasis riset dan inovasi mengembangkan potensi siswa,” Kompas, 2021. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/01/13/sekolah-berbasis-riset-dan-inovasi-mengembangkan-potensi-siswa. [Diakses 22 12 2023].
N. A. Mokol, “Pengaruh perkembangan teknologi dalam pembelajaran abad 21 pendidikan kewarganegaraan di Indonesia,” dalam Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Surabaya, 2022.
Septafi, “Analisis kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar angkatan 2019,” Educational Technology Journal (ETJ), vol. 1, no. 2, pp. 1-16, 2021.
Jenita, “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks SINTA,” Community Development Journal, vol. 4, no. 5, pp. 10292-10299, 2023.
M. Kamayani, “Information Technology Uses In Research: Best Practices and Recommendations,” dalam The 2nd International Multidisciplinary Conference, Jakarta, 2016.
Stratton, “Quasi experimental design (Pretest and posttest studies) in prehospital and disaster research,” Prehospital dan Disaster Medicine, vol. 34, no. 6, pp. 573-574, 2019.