SOSIALISASI APLIKASI MONITORING PRESTASI DAN PELANGGARAN SISWA
SOSIALISASI APLIKASI MONITORING PRESTASI DAN PELANGGARAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v6i1.3964Keywords:
Aplikasi monitoring, Prestasi Siswa, Pelanggaran Siswa, Pendidikan, Teknologi InformasiAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan aplikasi monitoring prestasi dan pelanggaran siswa di sekolah. Aplikasi ini dirancang untuk mendukung pengelolaan data siswa secara lebih efisien, terutama dalam hal pencatatan prestasi dan pelanggaran yang sebelumnya dilakukan secara manual. Melalui kegiatan ini, penyelenggaraan workshop dan pelatihan yang bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi monitoring kepada guru-guru dan staf pendidikan di sekolah. Peserta pelatihan terlibat aktif dalam eksplorasi berbagai fitur aplikasi, yang dapat digunakan untuk mencatat prestasi siswa, mengidentifikasi pelanggaran, serta memonitor perkembangan siswa secara real-time. Selain itu, pelatihan ini juga menekankan pada pentingnya penggunaan data yang dihasilkan oleh aplikasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih akurat dan berbasis data dalam proses pembelajaran.
PKM ini juga berhasil mengatasi tantangan dan ketidakpercayaan yang awalnya ada di antara guru dan staf terkait penggunaan teknologi baru. Melalui pendekatan yang partisipatif dan dukungan teknis yang berkelanjutan, guru-guru dan staf pendidikan di sekolah kini lebih percaya diri dalam menggunakan aplikasi monitoring ini. Mereka tidak hanya memahami konsep dasar aplikasi tetapi juga bagaimana mengaplikasikannya dalam konteks pendidikan sehari-hari Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan di antara para peserta mengenai potensi dan manfaat aplikasi monitoring prestasi dan pelanggaran siswa. Aplikasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam pencatatan dan pemantauan siswa, tetapi juga mendukung proses pembinaan karakter siswa dengan lebih baik. Keberhasilan implementasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
References
M. Okusa, “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 39 TAHUN 2008 TENTANG PEMBINAAN KESISWAAN,” Peratur. MENTERI Pendidik. Nas. REPUBLIK Indones. NOMOR 39 TAHUN 2008 TENTANG Pembin. KESISWAAN, 2008.
A. Hadi Pratama, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Dan EvaluasiPelanggaran Siswa Pada SMP Negeri 20 Bandar LampungBerbasis Web,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 4, pp. 63–68, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
D. Akbar, “TA : Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Pelanggaran dan Prestasi Siswa Berbasis Web di SMA Trimurti Surabaya,” Nat. Microbiol., vol. 3, no. 1, p. 641, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-15507-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41587-020-05
Sarwido, T. Tamrin, A. Sucipto, and M. I. Syafi’I, “Penerapan Aplikasi Monitoring Prestasi dan Pelanggaran Siswa Menggunakan Framework Laravel Pada SMK Wikrama 1 Jepara,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 28–32, 2022.
J. M. and N. Jalinus, “No Title,” Manaj. dan Kepemimp. Kepala Sekol. Kejuruan. Jonni Mardizal.
O. Mabuka, “Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 2, p. 367, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4724351.
F. S. Sulaeman and F. Z. Inayatuloh, “Pembuatan Aplikasi Pengolahan Data Point Pelanggaran Siswa Berbasis Web,” Ikraith-Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 29–35, 2022, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v7i1.2233.
Nursam, “Pandangan Orang Tua Terhadap Pemberian Hukuman Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bungku Tengah,” 2019.
R. A. K. Putri, “Pengaruh Pemberlakuan Point Pelanggaran Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMK Labor Pekanbaru,” Riau, vol. 3, no. 1, p. 641, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-15507-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41587-020-05
L. Simamora and H. J. Simamora, “Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Pendidik. Bhs. Indones. dan Sastra, vol. I, no. 1, pp. 92–102, 2022, doi: 10.54367/pendistra.v4i2.1617.
A. C. Rosito, “Peran Atribusi Kausal dalam Peningkatan Prestasi Akademik,” J. Ilm. Simantek, vol. 7, no. 3, pp. 245–250, 2003.
A. Muhaimin, M. Amin Hariyadi, and M. I. Imamudin, “Klasifikasi Prestasi Akademik Siswa Berdasarkan Nilai Rapor dan Kedisiplinan dengan Metode K-Nearest Neighbor,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 193–202, 2024, doi: 10.55338/jikomsi.v7i1.2865.
and S. E. C. H. Ia, L. Febriliana, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah.”
and F. H. A. T. R. Rosa, U. C. Barlian, E. Suhendar, “No Titl,” Implementasi Progr. Master Cl. Day dalam Meningkat. Prestasi Akad. di MI Al Lathif, 2023.
T. Fitri and R. Hasibuan, “Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Alam Talago: Pendekatan Kurikulum Berbasis Teknologi,” J. Teach. Educ. Area, vol. 1, no. 1, pp. 113–129, 2024, [Online]. Available: https://journal.jitera.ac.id/index.php/jitera/article/view/19%0Ahttps://journal.jitera.ac.id/index.php/jitera/article/download/19/11
K. Kirman, Y. Z. Putri, P. Selviani, R. Y. Putra, and T. Andriko, “Sosialisasi Perangkat Komputer Di Sd Negeri 04 Kota Bengkulu,” J. Pengabdi. Kolaborasi dan Inov. IPTEKS, vol. 2, no. 2, pp. 439–444, 2024, doi: 10.59407/jpki2.v2i2.608.
E. Q. Nuranti, N. S. Intizhami, P. A. Maharani, M. Rafrin, and M. Agus, “Pelatihan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi SLIDO di SMAN 5 Parepare,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 5, pp. 464–470, 2023, doi: 10.59837/jpmba.v1i5.190.
A. F. Nasution, T. Munawwarah, N. A. Kholizah, and D. A. Sani, “Strategi Pengembangan Keterampilan Berbasis Teknologi dalam Pelatihan Guru,” Madani J. Ilm. Multidisipline, vol. 2, no. 5, pp. 241–247, 2024.
D. Rachmawati and D. Hidayati, “Implementasi Sistem Informasi Akademik berbasis Aplikasi Google Classroom Pada Kelas Khusus Olahraga Di SMA Muhammadiyah 2 Boja Kendal,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 9, no. 3, pp. 1962–1971, 2023, doi: 10.58258/jime.v9i3.5767.
I. G. I. Sudipa, “Penerapan Sistem Informasi di Berbagai Bidang,” PT. Sonpedia Publ. Indones., 2023.
A. M. Atikah Atsfa Sari1, Hasya Salsabila Nuromliah2, Sherly Marlinda3, “Tantangan Dan Peluang Implementasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Di Era Digital,” Pemanfaat. Apl. Mind Master Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkat. Has. Belajar Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 33–42, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1693
S. Anam, Metode Dan Media Pengajaran Pai Di Era Society 5.0, no. April. 2022.
and R. D. L. Y. E. Rachmad, R. Ilham, N. Indrayani, H. E. Manurung, L. Judijanto, “Layanan Dan Tata Kelola E-Government: Teori, Konsep Dan Penerapan,” PT. Green Pustaka Indones., 2024.
Sundari Elgy, “MENGURAI PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIS DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF YANG BERKELANJUTAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN,” Cendekia Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 50–54, 2024.