PELATIHAN CONTENT DIGITAL UNTUK MENUNJANG PROSES BISNIS PADA ERA 4.0 DI SMA NEGERI TANJUNG SARI

Authors

  • Rahma Hanum ULBI
  • Y Casmadi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Surya Ramadhan Noor Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Dudi Hendra Fachrudin Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v6i1.3965

Keywords:

content digital, era 4.0, aplikasi canva

Abstract

Pekembangan pesat teknologi dan digitalisasi di dunia menciptakan banyak peluang bisnis yang bermunculan. Dengan memanfaatkan digitalisasi dan design suatu aplikasi dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalankan proses bisnis yang berbasis digital. Meluasnya pelanggan dan meningkatnya pemasukan adalah tujuan dari setiap orang yang mempunyai atau menjalan sebuah bisnis. Era digitalisasi 4.0 merupakan era dimana teknologi digital mengubah fundamental cara kita hidup, bekerja dan berinteraksi. Dalam era ini kita melihat transformasi besar dalam berbagai sector termasuk manufaktur, layanan kesehatan, transportasi, pendidikan, dan banyak lagi. Proses otomatisasi dan digitalisasi menjadi lebih luas, meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan inovasi. konten digital adalah segala bentuk informasi atau materi yang disampaikan melalui media digital, seperti teks, gambar, audio, dan video. Dengan diadakannya pelatihan konten digital di SMA Negeri Tanjung Sari diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa dan siswi dibidang konten digital yang dapat diterapkan dengan menggunakan Aplikasi Canva yang merupakan salah satu alat design grafis yang menyediakan berbagai fitur untuk menunjang kebutuhan pengguna dalam membuat poster, brosur dan konten digital sebagai media promosi yang bermanfaat dalam memperluas pelanggan dalam suatu bisnis yang sedang dijalankan.

References

D. A. Saraswati and C. Hastasari, “Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement,” Biokultur, vol. 9, no. 2, p. 152, 2020, doi: 10.20473/bk.v9i2.22980.

C. Rohmiasih, C. Rohmiati, and S. Sartika, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Sebagai Upaya Mewujudkan Transformasi Pendidikan,” Pros. Semin. Nas., vol. 1, no. 1, pp. 69–73, 2023.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi,” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, doi: 10.34010/common.v3i1.1950.

S. Maulia, “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran di Era Digital,” Pros. Semin. Nas. Has. Penelitian, Pengabdian, dan Disem., vol. 5, no. 1, p. 86, 2023.

D. Yuliana, A. Baijuri, A. A. Suparto, S. Seituni, and S. Syukria, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 247–257, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.1025.

Tri Wulandari and Adam Mudinillah, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD,” J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 102–118, 2022, doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.

K. J. Kamuri, “Analisis Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19,” J. Manag. Small Mediu. Enterp., vol. 14, no. 2, pp. 225–238, 2021, doi: 10.35508/jom.v14i2.4784.

E. Octaviana, Z. Zahara, P. Ponirin, and F. Farid, “Peran Content Marketing Instagram Sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness Pada Usaha Springhsop_Plw,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 8, no. 3, pp. 289–304, 2024, doi: 10.31955/mea.v8i3.4432.

E. P. Putri, F. Rachmawati, U. Pembangunan, N. Veteran, and J. Timur, “Digital Content Marketing untuk Membangun Brand pada Akun MCN PT Hoki Adi Karya,” vol. 12, no. 2, pp. 59–64, 2023.

F. N. Miftahul Jannah, H. Nuroso, M. Mudzanatun, and E. Isnuryantono, “Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.72716.

Downloads

Published

2025-02-07

Issue

Section

Articles