PENINGKATAN KUALITAS MEREK MELALUI PEMBUATAN BRAND GUIDELINE BAGI USAHA MIKRO SEIMONGKO

Authors

  • Angga Dewi Anggraeni Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Asaretkha Adjane Annisawati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Senny Handayani Suarsa Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Suci Fika Widyana Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v6i1.4052

Keywords:

Brand, Brand Guideline, UMKM, Seimongko

Abstract

Proyek Pengabdian Kepada Masyarakat mengenai "Pembuatan Brand Guideline untuk UMKM Seimongko" bertujuan untuk mengimplementasikan Panduan Merek yang komprehensif, untuk meningkatkan konsistensi merek usaha UMKM 'Seimongko'. Hal ini diharapkan dapat mendorong identitas merek yang terpadu serta menanamkan kepercayaan dan daya tarik di antara konsumen. Seimongko adalah merek UMKM yang bergerak dalam bidang makanan beku (frozen food) seperti sei, dimsum, gyoza, dan lain-lain. Menyadari pentingnya mengembangkan praktik-praktik pemasaran yang efektif dalam usaha mikro, PKM ini memilikiĀ  tujuan utama untuk memberdayakan bisnis mikro Seimongko melalui pemberian alat, strategi, dan pengetahuan yang diperlukan guna meningkatkan kualitas merek mereka dan memperluas jangkauan pasar seimongko. Metodologi penelitian yang digunakan dalam proyek ini adalah pendekatan kualitatif, yang mencakup wawancara, survei, analisis dokumen, dan observasi. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan dampak strategi branding, desain pemasaran, dan e-commerce. Hasil dari proyek ini menunjukkan bahwa penerapan Panduan MerekĀ  (brand guideline) yang komprehensif dapat meningkatkan konsistensi dan daya tarik merek, sementara desain feeds instagram yang inovatif dan strategi e-commerce yang efektif dapat memperluas jangkauan pasar dan memperdalam keterlibatan pelanggan. PKM ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana strategi pemasaran yang terpadu dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM seperti Seimongko.

Downloads

Published

2025-02-17

Issue

Section

Articles