PELATIHAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK GURU DI SMK WIDYA DIRGANTARA

Authors

  • Yadi Supriady Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Triantya Wahyu Wirati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Noviana Riza Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Nyi Raden Nuraini Siti Fathonah Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v6i2.4156

Keywords:

Pelatihan, AI, Guru, SMK Widya Dirgantara

Abstract

ABSTRAK

Pelatihan ini adalah mempelajari tentang penggunaan teknologi informasi khususnya pemanfaatan Artificial Intelligence (AI). Penggunaan Artificial Intelligence akan dimanfaatkan untuk membantu guru-guru dalam melaksanakan tugas-tugas administrasi dan juga tugas guru sebagai seorang pendidik. Pelatihan Artificial Intelligence juga akan dilaksanakan dengan model praktikum, agar guru-guru dapat langsung praktek dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Khusus dari pokok pelatihan ini adalah guru-guru akan dipandu dalam mempersiapkan bahan ajar untuk pengajaran dikelas, baik itu cara menggunakan Artificial Intelligence untuk membuat bahan ajar, maupun sampai menerapkan model soal-soal dan jawabannya. Dengan kemampuan Artificial Intelligence yang luar biasa, AI kini menjadi asisten virtual yang dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar, memberikan dukungan kepada guru untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru di SMK Widya Dirgantara Bandung dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran. Metode pelatihan dapat mencakup workshop interaktif, sesi diskusi, serta penerapan langsung dalam lingkungan pembelajaran. Manfaat yang diharapkan dari pelatihan ini adalah peningkatan efisiensi pembelajaran, adaptasi terhadap perkembangan teknologi, dan peningkatan kualitas pengajaran. Diharapkan juga pelatihan ini akan membantu guru-guru untuk mengintegrasikan konsep-konsep AI dan metode pengajaranya, serta meningkatkan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada teknologi

 

Kata Kunci : Pelatihan, AI, Guru, SMK, Widya Dirgantara

References

Nurillahwaty, Eka. (2022). "Peran teknologi dalam dunia pendidikan." Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Vol. 1.

Mukaromah, Euis. (2020). "Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan gairah belajar siswa." Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4 (1), 175-182.

Mambu, Joupy GZ, et al. (2023). "Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital." Journal on Education, 6 (1), 2689-2698.

Rusmiyanto, R., et al. (2023). "The role of artificial intelligence (AI) in developing english language learner’s communication skills. J Educ, 6 (1), 750–757.

Pratama, Eri Bayu, et al. (2023). "Menggali Potensi Belajar Mengajar Dengan Teknologi Ai (Artificial Intelligence)." JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3530-3534.

Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. (2023). "Peran Artificial Intelligence Chat GPT dalam Perencanaan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0." Masokan: Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 3(1), 1-18.

Hanila, Siti, and Muhammad Afif Alghaffaru. (2023). "Pelatihan penggunaan artificial intelligence (AI) terhadap perkembangan teknologi pada pembelajaran siswa SMA 10 Sukarami Kota Bengkulu." Jurnal Dehasen Mengabdi , 2(2), 221-226.

Suryanti, Ristyana, Jaja Jahidin, and Muhammad Fadlil. (2024). "Artificial intelligence in education: Bibliometric and systematic literature review from 2019–2024." International Education Trend Issues , 2(2), 231-255.

Suharyo, Subyantoro Subyantoro, and Rahayu Pristiwati. (2024). "Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045." Humanika, 30(2), 208-217.

Ahmad, Rabya Mulyawati. (2024). "Efektivitas Pelatihan Integrasi Canva dan Chat GPT sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik di kota Kupang." Journal of Education Research, 5(2), 1081-1088

Downloads

Published

2025-03-15

Issue

Section

Articles