PELATIHAN INTRODUCTION TO FRONT-END TINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL SISWA LOGISTIK SMKN 1 LURAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v7i1.4227Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Software Engineering, Front-End Development, Logistik, VokasiAbstract
Era digital menuntut kompetensi digital yang tinggi di sektor logistik. Untuk menjembatani kesenjangan ini, program pengabdian masyarakat "Software Engineering: Introduction to Front-End" diadakan secara daring bagi 165 siswa Program Studi Logistik SMKN 1 Luragung. Program ini bertujuan membekali siswa dengan keterampilan dasar front-end (HTML, CSS, dan JavaScript) yang esensial untuk Industri 4.0 dan memperluas peluang karir mereka.
Metodologi program meliputi pre-test, sesi materi interaktif, tanya jawab, dan praktikum daring. Evaluasi dilakukan melalui post-test dan kuesioner umpan balik. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan. Pada pre-test, 35,15% peserta mendapat nilai 0, namun pada post-test, tidak ada lagi yang mendapat nilai 0. Mayoritas peserta menunjukkan kenaikan nilai yang substansial, dengan pergeseran ke rentang 60 dan 80, serta peningkatan jumlah peserta yang mencapai nilai 100.
Secara keseluruhan, 124 peserta mengalami peningkatan pemahaman. Hal ini membuktikan efektivitas program pelatihan daring dalam meningkatkan literasi digital dan keterampilan front-end siswa, sekaligus program ini berhasil membekali siswa dengan kompetensi teknis relevan dan menumbuhkan minat mereka pada teknologi informasi, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dan peluang di masa depan industri logistik yang terdigitalisasi
References
Chen, L., Wu, J., & Zhang, Y. (2023). User Interface Design Principles for Logistics Management Systems in the Digital Era. Journal of Supply Chain Digitization, 7(2), 112–125.
Huda, M., & Firmansyah, A. (2022). Peran Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Vokasi di Era Industri 4.0. Jurnal Vokasi Indonesia, 8(1), 1–10.
Indonesia, D. P. R. R. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi, K. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
Lestari, P., & Widodo, B. (2023). Model Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Masyarakat dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Lokal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(2), 123–135.
Perez, M. A., & Garcia, F. J. (2024). Enhancing Vocational Students’ Problem-Solving Skills Through Basic Software Development Training. International Journal of Vocational Education and Training, 19(1), 45–58.
Sari, D. P., & Nurjaman, A. (2021). Kontribusi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terhadap Peningkatan Profesionalisme Dosen dan Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tinggi, 15(3), 201–215.
Smith, R., & Johnson, A. (2022). The Role of Information Technology in Optimizing Modern Supply Chains. Logistics Technology Review, 15(3), 201–215.
Wang, H., & Lee, S. (2021). Digital Literacy and Technical Skills for Workforce in Industry 4.0: A Case Study in the Logistics Sector. Journal of Digital Transformation in Business, 6(4), 301–315.