PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN UI/UX BAGI SISWA/I DI SMA NEGERI 24 BANDUNG

Authors

  • Nava Ginasta Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Yohanes Casmadi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Iwan Setiawan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36618/merpati.v7i1.4516

Keywords:

Literasi digital, UI/UX, Figma, Prototipe, Siswa SMAN 24 Bandung

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menuntut literasi digital sebagai kompetensi yang tidak hanya sebatas menggunakan perangkat, tetapi juga merancang solusi digital yang berorientasi pengguna, mengutamakan kegunaan, aksesibilitas, dan etika. Program pengabdian ini menyasar siswa/i SMAN 24 Bandung untuk menjembatani kesenjangan antara konsumsi teknologi dan kemampuan perancangan melalui pelatihan UI/UX berbasis Figma. Metode yang digunakan adalah workshop aplikatif berbasis proyek: paparan konsep literasi digital dan prinsip UI/UX, praktik wireframing–mockup–prototyping kolaboratif, uji kegunaan sejawat, dan umpan balik terstruktur, dilengkapi pre–post test serta rubrik penilaian produk. Hasil menunjukkan mayoritas peserta mampu menghasilkan prototipe beralur lengkap dengan konsistensi visual dan navigasi yang lebih baik, serta peningkatan pemahaman terminologi dan kepercayaan diri dalam kolaborasi real‑time. Dampak pembelajaran tercermin pada dimensi literasi digital: pencarian dan pengelolaan informasi, kolaborasi, kreasi konten, dan pemecahan masalah desain dengan perhatian pada etika dan aksesibilitas. Program ini berkontribusi pada model pembelajaran berbasis proyek yang dapat direplikasi lintas kelas dan mendukung pengembangan portofolio siswa. Rekomendasi tindak lanjut meliputi siklus pelatihan aksesibilitas dan usability testing terstruktur agar kualitas keputusan desain dan keberlanjutan praktik reflektif kian meningkat.

References

Nava Gia Ginasta, Membuat Produk Digital: Desain UI/UX Menggunakan Figma. . Jakarta: PT Cipta Gadhing Artha, 2024.

D. Syilva Putri Feliza, M. Ammadienta, and N. Gia Ginasta, “Innovative Event Management Platform Design with Integrated Ticketing and Networking Features,” JDBIM (Journal of Digital Business and Innovation Management), vol. 3, no. 2, pp. 114–133, 2024, doi: 10.26740/jdbim.v3i2.

S. A.-F. Laksana, F. I. Putra, and N. G. Ginasta, “Designing a Web-Based Influencer Marketing System to Increase Brand Influence and Authority,” Journal of Digital Business and Innovation Management, vol. 3, no. 1, pp. 77–93, Jun. 2024, doi: 10.26740/jdbim.v3i1.60448.

D. S. Anggraeni, D. P. Anisa, and N. G. Ginasta, “Design and Analysis of Financial Management and Budget Application System in Student Business,” Journal of Digital Business and Innovation Management, vol. 3, no. 1, pp. 21–35, Jun. 2024, doi: 10.26740/jdbim.v3i1.60270.

I. Yulianti, M. Ridho, and N. Gia Ginasta, “DIGITAL TRANSFORMATION USING WEBSITES TO IMPROVE ACCESSIBILITY AND EFFECTIVENESS IN SMALL MEDIUM ENTERPRISE,” 2025. [Online]. Available: https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless

A. Risal, “Implementasi Pelatihan Penggunaan Figma untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Desain UI/UX di SMKN 2 Tanjung Selor”, [Online]. Available: https://journal.piksi.ac.id/index.php/Padma

I. Gede, D. Okta Biantara, I. Made, and K. Dana, “DESAIN DIGITAL UNTUK GENERASI MUDA: PENGEMBANGAN KEMAMPUAN UI/UX MENGGUNAKAN FIGMA PADA SMA TARUNA BANGSA SENTUL DAN SMK TRIATMAJAYA DALUNG.”

U. Hairah et al., “Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Merancang UI/UX Aplikasi Mobile Menggunakan Figma,” vol. 3, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jpabdi

Downloads

Published

2025-10-02

Issue

Section

Articles