Perancangan Inovasi dan Pemasaran Java Preanger Coffee dengan Menggunakan Metode Filter Dripper (Saring Ampas)
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v1i2.888Keywords:
kopi arabika, inovasi, usaha tani kopi, strategi pengembanganAbstract
Kopi merupakan komoditas ekspor penting bagi Indonesia yang mampu menyumbang devisa yang cukup besar. Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai potensi cukup besar untuk pengembangan komoditas kopi arabika. Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, merupakan salah satu daerah penghasil kopi arabika di Kabupaten Bandung Barat. Namun demikian ada beberapa kendala dalam pengembangan usaha tani kopi arabika di antaranya kurangnya inovasi dan marketing dari bentuk olahan kopi yang dihasilkan. Oleh karena itu, perlu dirumuskan strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan pada petani kopi arabika dengan cara filter dripper sebagai inovasinya. Hasil Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu petani mengembangkan usahanya, ada beberapa strategi yang menjadi prioritas untuk dijalankan yaitu mengembangkan pengolahan hasil usaha tani kopi, meningkatkan keterampilan teknis usaha tani untuk peningkatan mutu produk, memberdayakan kelompok usaha tani untuk lebih meningkatkan usahanya.
References
David, F.R. (2004). Konsep manajemen strategis. Penerjemah: Hamdy Hadi. Edisi VII. Jakarta: Prenhallindo,
Dinas Perkebunan Jawa Barat. (2016). Statistik perkebunan jawa barat.
Strategi pengembangan usaha tani kopi arabika (kasus pada petani kopi di desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat) http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/4332 (Diunduh pada 13 April 2019)
http://disbun.jabarprov.go.id/index.php/. (Diunduh pada 5 April 2019).
Departemen Pertanian. (2014). Standar operasional prosedur tanaman kopi. Data diperoleh melalui situs: http:// perunda ngan.pertanian.go.id/. (Diunduh pada 5 April 2019
Indonesia Investment. (2015). Produksi domestik, ekspor dan konsumsi kopi indonesia. Diperoleh melalui situs: http://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/kopi/. (Diunduh pada 13 April 2019)
Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis. (2012). Buku Persyaratan Indikasi Geografis. Kopi Arabika Jawa Barat.
Panggabean, Edi. (2011). Buku pintar kopi. Jakarta: Agro Media Pustaka.
Rangkuti, F (2006). Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.