PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.36618/merpati.v2i2.930Keywords:
Corona, pendidikan, videoAbstract
Hampir 10 bulan terakir ini, Corona Viruses Disease 2019 menggemparkan dunia. Corona Viruses Disease 2019 atau yang biasa disingkat COVID-19 merupakan wabah yang menyerang anggota pernafasan. Penyakit ini dapat menyebabkan sesak nafas hingga kematian. Corona Viruses Disease 2019 memberikan beberapa dampak negatif baik di bidang pendidikan, industri, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya. Dampak yang paling menonjol dan sangat berdampak yakni pada dunia pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu pondasi dalam kemajuan suatu bangsa, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas bangsa tersebut. Pendidikan juga dapat diartikan sebagai salah satu kebutuhan manusia untuk meningkatkan dan menggali potensi yang ada dalam diri manusia. Tidak hanya itu saja ada beberapa aspek yang dapat berkembang yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif. Berdasarkan pengertian tersebut menunjukkan bahwa dampak pendidikan karena COVID – 19 juga merupakan salah satu hal yang sangat mengkhawatirkan jika tidak segera ditangani. Jika peserta didik tidak dipersiapkan serta dibekali mulai sekarang, maka akan berdampak pada kemajuan bangsa Indonesia kedepannya. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang efektif sebagai alternatif pembelajaran dimasa pandemi guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satunya dapat dengan menggunakan video interaktif. Berdasarkan pengabdian yang dilakukan dapat dilihat bahwa penggunaan video interaktif sangat efektif untuk digunakan.
Kata Kunci : Corona, Pendidikan, Video
References
Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis. Pradipta, J. (2020). Antipanik! Buku Panduan Virus Corona. Jakarta: Gramedia.
Riyana, C. (2012). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan.
Jakarta: Erlangga.
Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Unika Press.
Winarno. (2020). COVID-19: Pelajaran Berharga dari Sebuah Pandemi. Jakarta: Gramedia.
Yuliani, M. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan.
Jakarta: YKM Press.