https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/issue/feedPro Mark2024-11-13T23:02:05+07:00Open Journal Systems<p>Jurnal Bisnis dan Manajemen</p>https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3849Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan Antara Sewa dengan Milik Sendiri Di Kantor Pos Padang Pada Trayek Padang - Pekanbaru2024-09-14T13:36:59+07:00irpan numang[email protected]Ulfa Rahmi[email protected]<p>Kantor Pos Padang merupakan salah satu Kantor Pos yang ada di wilayah layanan Regional II yang melayani wilayah Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Salah satu rute pada kantor pos ini dengan pengiriman terbanyak adalah pada trayek Padang - Pekanbaru. Dalam praktek pengirimannya, Kantor Pos Padang menggunakan kendaraan milik sendiri dan kendaraan sewa dari vendor yang mana dalam pilihan penggunaan kendaraan tersebut akan mempengaruhi besaran biaya transportasi yang akan dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan biaya Transportasi yang dikeluarkan oleh Perusahaan jika menggunakan kendaraan sewa dengan kendaraan milik sendiri untuk angkutan barang dengan kapasitas kendaraan yang sama yaitu 4.000 kilogram untuk trayek Kantor Pos Padang ke Kantor Pos Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan kendaraan sewa biaya transportasi yang dikeluarkan sebanyak Rp 848.534.400 per tahun sedangkan jika menggunakan kendaraan milik sendiri biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp 411.825.600 per tahun. Hasil yang diperoleh dari metode BOK ini menunjukan bahwa ternyata biaya transportasi yang dikeluarkan jika menggunakan kendaraan milik sendiri lebih murah dibandingkan jika dengan menggunakan kendaraan sewa yaitu dengan selisih biaya sebesar Rp 436.708.800.</p>2024-09-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Pro Markhttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3864PENGARUH LIVE STREAMING E-COMMERCE TIKTOK TERHADAP PRILAKU IMPULSIVE BUYING2024-09-30T23:20:24+07:00Gema Yulenta Gospa[email protected]Angga Dewi Anggraeni[email protected]Senny Handayani Suarsa[email protected]<p><em>The increase in internet users in Indonesia has brought significant changes in consumer lifestyles, made it easier to access information and online shopping transactions, and opened up huge online business opportunities. Currently Tiktok is the most popular e-Commerce platform, apart from being able to be used as entertainment, the emergence of Live streaming TikTok and TikTok Shop has really attracted the public's interest. This convenience makes many viewers unaware of impulsive buying. Impulsive Buying itself is an unplanned purchase, this happens when we watch Live Streaming of a shop and then are indirectly interested in buying, this can sometimes lead to satisfaction or even disappointment after buying. This research method uses a quantitative approach with a survey method, where the research design is associative descriptive. Exogenous Variable Live Streaming (X) and Endogenous Variable Impulsive Buying (Y). The population in this study is unknown so sampling using the hair formula is 350 samples with the results of simultaneous testing (F-Test) between the Live Streaming and Impulsive Buying variables. It can be seen that Live Streaming has a positive and significant effect on Impulsive Buying behavior. This is also shown in the coefficient of determination test where the Live Streaming Variable has an influence of 31% on the Impulsive Buying Variable</em></p>2024-09-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Pro Markhttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3876PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI KASUS PADA POSPAY LOKET KANTOR POS CABANG MAJALENGKA 454002024-11-07T06:19:37+07:00Sigit Santosa[email protected]Alfathan Putra Syahada[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel <em>intervening</em>, pada pelanggan Pospay di loket kantor pos cabang Majalengka 45400. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 54 responden, yang merupakan pelanggan Pospay di loket tersebut dengan kriteria minimal telah menggunakan layanan lebih dari dua kali dan berusia antara 18 hingga 40 tahun. Dalam penelitian ini, kualitas pelayanan berfungsi sebagai variabel independen, sementara loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen, dan kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel <em>intervening</em>. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data yang mencakup beberapa uji statistik, seperti uji asumsi klasik, uji ketepatan model, uji hipotesis (uji t), analisis regresi linear, dan Sobel test, yang dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting: (1) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Artinya, kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas Pospay di loket kantor pos cabang Majalengka 45400 berdampak signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. (2) Kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di loket tersebut. (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, yang berarti bahwa kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan berkontribusi pada peningkatan loyalitas mereka terhadap layanan Pospay. (4) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel <em>intervening</em>, yang mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan.</p>2024-09-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Pro Markhttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3885PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN 2024-11-13T22:54:06+07:00Rachmat Tri Yuli Yanto[email protected]Anisa Oktaviani[email protected]<p>Related buying interest <em>event organizer </em>in Indonesia is increasing because of the many important events that are regularly held such as weddings, exhibitions, conferences and various music festivals which are being held recently. However, the increase experienced by Auliacorp is relatively slow based on <em>company profile</em> from the previous year and the current year the number of consumers remains the same. This is the reason for carrying out this research which aims to find out.assessmentand consumer.about activities?promotion through the mediapsocial <em>Instagram</em>.which is done by>Auliacorp and to determine the significance of the influence of promotion through the mediapsocial <em>Instagram </em>to.interestvbuy consumers,service <em>event organizer </em>Auliacorp uses a quantitative approach method with associative causality descriptive analysis with a sample size of 97 respondents representing a total population of 2891 people with an error rate of 10% as well as a questionnaire as a technique for collecting data. Based on the results of descriptive data analysis, consumer assessments regarding promotional activities via social media <em>Instagram</em> What Auliacorp has done is very good. Meanwhile, based on the results of a causal analysis of promotion via social media <em>Instagram</em> has a relationship with consumer buying interest of 87.2% and promotion via social media <em>Instagram</em> has an effect of 76.1% on consumer buying interest.</p>2024-09-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Pro Markhttps://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3886PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SALES PROMOTION TERHADAP BRAND AWARENESS SKINCARE GLUTANEX2024-11-13T23:02:05+07:00Nur Aziz Sugiharto [email protected]Firda Avifah Putri[email protected]Farid Madani[email protected]<p><em>This study aims to analyze the effect of brand ambassadors and sales promotion on Glutanex skincare brand awareness, with a case study conducted on Instagram followers @glutanex.id.official. This type of research is quantitative. The population of this study were Instagram followers @glutanex.id.official. The sample of this study was 388 respondents. The sampling technique was randomized to Instagram followers @glutanex.id.official. The analysis technique used is to use Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) through Smart PLS 3.0 software. The results of the description analysis show that the description of the variables tested is very positive. Furthermore, hypothesis testing found that simultaneously brand ambassadors and sales promotion have a positive effect on brand awareness. While partially it was found that the effect of brand ambassadors on brand awareness was significant, and sales promotion partially had a significant effect on brand awareness</em><em>.</em></p>2024-09-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Pro Mark