https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/issue/feed Pro Mark 2024-01-26T00:46:06+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Bisnis dan Manajemen</p> https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3233 ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN LABORATORIUM PENGUJIAN PJK3 DENGAN PENDEKATAN SERVICE QUALITY 2023-09-29T20:30:32+07:00 Dimas Mukhlis Hidayat Fathurohman dimasmukhlishidayat@ulbi.ac.id <p>Penentuan aspek-aspek pelayanan laboratorium PJK3 yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Studi awal mendapatkan bahwa terdapat 28 temuan layanan yang memiliki nilai minor salah satunya adalah mengenai dokumen kepuasan pelanggan. Metode Servqual dan <em>Importance Performance Analysist</em> (IPA) digunakan dalam penelitian ini, yang didasari pada 5 dimensi dan 19 variabel atribut pelayanan. Hasil dari 75 responden pelayanan laboratorium yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan metode <em>Importance Performance Analisyst</em> (IPA) terdapat 6 atribut pelayanan menjadi prioritas perbaikan pelayanan. Selain itu terdapat 3 atribut pelayanan pengujian laboratorium yang yang sudah dilakukan dengan baik dan perlu dipertahankan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengujian laboratorium K3 perlu dilakukan perbaikan berkelanjutan dan dukungan dari manajemen perusahaan PJK3.</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3276 ANALISIS CUSTOMER COMPLAINT HANDLING PENGGUNA INDIHOME (STUDI KASUS PT.TELKOM INDONESIA-STO RAJAWALI, BANDUNG) 2023-11-21T21:09:01+07:00 Bheben Oscar bheben.oscar@gmail.com Dimas Arya Pratama dimasaryap1319@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan <em>customer complaint handling pada pengguna Indihome PT.Telkom Indonesia-STO Rajawali,Bandung.&nbsp; </em>Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dimana data yang telah didapat diolah mengunakan SPSS, dan data tesebut di olah menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan menggunakan analisis Deskriptif untuk menjelaskan setiap variabel yang ada, Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebesar 90 responden. Dengan Teknik pengambilan sampel yaitu menggunankan&nbsp; probability sampling. Hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah bahwa pelaksanaan <em>customer complaint handling </em>pada pengguna Indihome di PT.Telkom Indonesia-STO Rajawali, Bandung ini mendapatkan apresiasi dari pelanggan dengan sangat baik, hal ini tercermin dari jumlah rata-rata predikat seluruh item dan aspek adalah Tinggi. Adapun aspek yang mendapatkan apresiasi paling tinggi ialah aspek keadilan interaksional pada item pegawai melayani pelanggan dengan sopan dengan skor sebesar 385</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3279 PENGARUH HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK LAYANAN PENGIRIMAN POS EXPRESS PT POS INDONESIA KCU PEKANBARU 2023-11-28T23:27:56+07:00 Sigit Santosa sigitsantosa@poltekpos.ac.id Try Puspita Andhini puspitaandin5@gmail.com <p><em>The purpose of this research is to determine the customer's assessment of pricing on delivery service products set by the Pekanbaru Post Office, to find out how the description of the effect of price on customer loyalty at PT Pos Indonesia KCU Pekanbaru, to determine whether the price has a significant effect on customer loyalty.</em><em>This research method uses descriptive quantitative methods with a sample size of 99 respondents, while the analysis uses simple linear regression analysis, data collection techniques are by means of random samples using questionnaires via google form.</em><em>Based on the results of the Coefficient of Determination and the F test, it is known that the price has a simultaneous effect on customer loyalty</em></p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3272 PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP BRAND AWARENESS KAI WISATA (STUDI KASUS PADA KAI WISATA) 2023-11-17T23:29:35+07:00 gugum gumilang wirakanda gumilanggugum13@poltekpos.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh promosi melalui media sosial TikTok terhadap brand awareness PT. Kereta Api Wisata (KAI Wisata). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian para staf PT. KAI Wisata. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi partisipatif, dan studi kepustakaan. Dengan jumlah responden 80 responden, teknik sampling yang digunakan berdasarkan kriteria atau non random sampling. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh promosi melalui media sosial TikTok terhadap brand awareness PT. KAI Wisata.</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3277 ANALISIS DESKRIPTIF GOOD IMPRESSION/GROOMING PADA KARYAWAN AUTO 2000 CABANG PASTEUR 2023-11-21T21:21:40+07:00 Suci Fika Widyana fika.bharata@ulbi.ac.id Novi Shofiah novishofiah011@gmail.com <p>Penampilan diri yang terjaga dan rapi secara keseluruhan, dimulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, disebut <em>grooming</em>. Penampilan kita adalah hal pertama yang dilihat atau diperhatikan oleh orang lain, dimensi yang diukur meliputi kebersihan dan kerapian diri, sikap ramah, mengucapkan salam, sopan berbicara, dan menyambut tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian karyawan terhadap <em>good impression/grooming. </em>Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Auto 2000 cabang Pasteur Bandung, sampel yang diambil sebanyak 55 karyawan menggunakan metode <em>simple random sampling</em>. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini bahwa penilaian <em>good impression/grooming </em>dalam kategori sangat tinggi. Namun pada hal penerapannya masih terdapat ruang yang perlu ditingkatkan lebih jauh, guna meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik. Hal-hal yang dapat ditingkatkan adalah kebersihan dan kerapian diri. Selain itu perusahaan tetap mempertahankan nilai sikap ramah, mengucapkan salam, sopan berbicara dan menyambut tamu dengan baik&nbsp; merupakan elemen penting dalam menciptakan hubungan profesional yang positif dengan pelanggan.</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3293 PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CHATIME DI KOTA BEKASI 2023-11-29T00:11:51+07:00 Nur Aziz Sugiharto azizsugihato@ulbi.ac.id Nabila Savitri desyanabilas1@gmail.com Bambang Triputranto bambang@ulbi.ac.id <p>Seiring dengan berkembangnya zaman, industri minuman dan makanan pun ikut berkembang dengan sangat pesat. Hal ini sangat dimanfaatkan oleh para pengusaha dan investor-investor untuk membangun usaha kedai-kedai minuman, minuman <em>bubble tea</em>, ataupun makanan cepat saji tersebar dengan sangat pesat. Namun, kembali lagi bahwa setiap individu pastinya melakukan proses keputusan pembelian yang berbeda tergantung dengan selera, kebutuhan, ataupun keinginan mereka. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh yang terjadi secara signifikan dari perilaku konsumen yaitu faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian.</p> <p>Metode yang digunakan dalam&nbsp; penelitian ini yaitu dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel sejumlah 384 orang responden. Adapun teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan studi pustaka. Kemudian data diolah melalui uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear berganda, <em>path analysis</em>, uji T (Parsial), uji F (Simultan), dan uji koefisien determinasi.</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3274 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PAKET EXPRESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) (STUDI KASUS: PT AMALY MITRAABADI SULAWESI) 2023-11-20T21:08:38+07:00 Aditia Sovia Pramudita aditiasovia@ulbi.ac.id Shalsa Yunita Putri shalsayunita@gmail.com <p><em>PT Amaly MitraAbadi Sulawesi is a private company in the city of Mak</em><em>s</em><em>assar, South Sulawesi which is enganged in shipping services or expeditions to various regions. Currently, PT Amaly MitraAbadi Sulawesi only ships goods by land. The purpose of this research is to determine the effect of express package service quality on customer satisfaction at PT Amaly MitraAbadi Sulawesi</em>. <em>This research consisted of two variables, namely the variable service quality and customer satisfaction, data collection was carried out by distributing questionnaires to the people of Makassar city who used the delivery service of PT Amaly MitraAbadi Sulawesi. To determine customer satisfaction, the SERVQUAL (Tangible, Emphaty, Responsiveness, Reliability, Assurance) dimension approach is used and measures the effect of service quality on customer satisfaction using the Structural Equation Modeling (SEM) method processed using LISREL 8.80 computer software.</em> <em>The results showed that customer satisfaction at PT Amaly MitraAbadi Sulawesi is only influenced by the dimensions of emphaty and assurance. Emphaty on customer satisfaction has a significant and positive effect of 2,46 and assurance on customer satisfaction has a significant and positive effect of 3,74. The dimension of service quality that most dominantly affects customer satisfaction is the dimension of emphaty.</em></p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3278 PENGARUH CONTEN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA AKUN ISTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL 2023-11-21T21:34:53+07:00 Rachmat Tri Yuli Yanto rachmattriyuli@ulbi.ac.id Salsabilla Salu Shalsabillasalu@gmail.com <p>Shalsabilla Salu, NPM 4203004, Pengaruh Content Social Media Marketing Terhadap Custpomer Engagement Pada Akun Instagram @somethincofficial dibawah bimbingan Dr.Rachmat Tri Yuli Yanto, S.E.,M.M, dan Suparno Saputra, S.E.,M.M</p> <p>Penelitian ini berdasarkan pada tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui&nbsp; bagaimana penilaian pelanggan terhadap content social media marketing yang dijalankan oleh @Somethincofficial? Bagaimana penilaian pelanggan terhadap culstomer engagement pada akuln @Somethincofficial? Dan Apakah Content Social Media Marketing berpengarulh signifikan terhadap tingkat Culstomer Engagement pada akuln instagram @somethincofficial? Dalam menjawab tujuan dan rumusan masalah tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi liner sederhana. Responden penelitian sebanyak 100 responden yang diambil dengan metode probability sampling. Hasil analisis data menunjukkan kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang linier dengan signifikansi sebesar 0,389. Selain itu, dari analisis regresi, disimpulkan variabel content social media marketing berpengaruh sebesar 14,5% terhadap variabel customer engagement. Hal ini terbukti dengan hasil uji hipotesis, di mana nilai mean value jauh di bawah 0,05, menandakan &nbsp;&nbsp;&nbsp;bahwa variabel content social media marketing berpengaruh secara signifikan kepada variabel customer engagement</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/3453 ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS PRODUK DENGAN PENDEKATAN METODE DMAIC DI PT XYZ 2024-01-26T00:46:06+07:00 Dera Thorfiani dthorfiani@ulbi.ac.id Chintya Nur Permatasari chintyanurpermatasarri@gmail.com <p>PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor makanan olahan khas Bandung yang terus berupay memberikan produk berkualitas dengan melakukan pengawasan terhadap pengendalian kualitas produk sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP). Akan tetapi, masih ditemukan produk yang tidak memenuhi standar kualitas perusahaan dan menyebabkan konsumen memberikan keluhan yang tercermin pada penilaian konsumen pada toko online atau <em>e-commerce marketplace</em>. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis faktor penyebab terjadinya cacat produk agar bisa diidentifikasi jenis cacat produk yang ada dan bagaimana usulan perbaikan atas permasalahan tersebut. Metode pendekatan DMAIC <em>(Define, Measure, Analyze, Improvement dan Control</em><em>) </em>kemudian digunakan untuk mengdientifikasi dan memecahkan masalah yang terkait denga kualitas. Adapun hasil observasi menunjukkan bahwa: 1) Jenis cacat produk yang dikeluhkan oleh konsumen berupa kemasan produk rusak, produk yang hancur dan produk yang tidak sesuai dengan standar spesifikasi; 2) penyebab terjadinya kemasan produk yang rusak dan produk yang hancur dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni faktor manusia, faktor material dan faktor metode. Usulan perbaikan yang dapat diterapkan oleh perusahaan guna meminimalisir jumlah keluhan konsumen yaitu dengan melakukan pengawasan, evaluasi kinerja pekerja dan vendor, menambahkan <em>plasti</em><em>c wrap</em> sebagai pelindung tambahan dan memberikan pelatihan kepada karyawan bagian pengepakan.</p> 2023-09-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Pro Mark